Duh..! Jajanan Isi Kacang Hijau Ini Bikin Netizen Mikir Jorok


Kamis, 05 Maret 2020 - 18:19:42 WIB
Duh..! Jajanan Isi Kacang Hijau Ini Bikin Netizen Mikir Jorok Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Saking uniknya ragam kuliner Indonesia, ada saja makanan yang punya nama nyeleneh. Seperti jajanan di Malang yang disebut 'kontol kambing'.

Jangan langsung berpikir jorok saat mendengar nama jajanan yang satu ini. Masyarakat Malang mengenal kudapan manis isi kacang ini dengan sebutan 'kontol kambing'.

Namanya memang bikin dahi berkerut karena pasti langsung membayangkan bentuk alat kelamin kambing. Tapi kalau sudah mencicip rasanya, pasti jadi ketagihan dan ingin terus melahap si 'kontol kambing' ini.

Lewat unggahan twitter @foodfess2 sebuah foto memperlihatkan makanan mirip gorengan pada umumnya. Bentuk makanan ini memang tak nyentrik tapi netizen justru gagal fokus setelah membaca keterangan pada foto yang diunggah ini.

"Fess jajanan pasar ini namanya kontol kambing di tempatku wkwk isinya kacang hijau, enak. Di kalian namanya apa?," tulis caption foto.

Sontak unggahan soal kontol kambing ini mengundang berbagai respon dari netizen. Banyak yang menerka-nerka bagaimana si penjual dan pembeli saat ingin jajan kontol kambing.

"Yang jualan cara daganginnya gimana ya, masa pas teriak "kontol kontoooll" awkakwoakw Astagfirullah" kata netizen.

"Ini waktu beli nyebut nya gini kali yaa "beliii beli kontol?"" ucap netizen.

"Gua kalo nyebut nama makanan ini pasti ditimpuk mulut gua sama emak," beber netizen lain.

'Kontol kambing' memang sudah jadi jajanan populer. Kue yang terbuat dari kacang hijau atau kacang tolo (kacang beras) yang dihaluskan lalu dicampur gula. Selanjutnya dibalut adonan tepung dan digoreng hingga adonan kering. Mirip dengan gandasturi yang isinya kacang hijau. Rasanya manis dan biasa dijual bersama aneka jajanan pasar lainnya.

Entah siapa yang memberi nama makanan ini dengan sebutan kontol kambing, tapi hingga kini kontol kambing tetap jadi kudapan yang diburu. Selain kontol kambing, sebelumnya juga ada makanan yang namanya sempat bikin geger mulai dari tolpit alias kontol kejepit khas Bantul, kupat jembut khas Jawa Tengah hingga memek khas Aceh.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 19:41:16 WIB

    Waduh..! Kartu Prakerja Gagal Dirilis

    Waduh..! Kartu Prakerja Gagal Dirilis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut program kartu prakerja belum bisa dirilis di tiga kota pada awal Maret ini. Sebab, peraturan presiden (perpres) terkait belum dit.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 08:23:57 WIB

    Waduh..! Honda Jazz Bakal Pensiun di Indonesia?

    Waduh..! Honda Jazz Bakal Pensiun di Indonesia? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada kemungkinan nama Jazz, hatchback Honda yang dijual di Indonesia sejak 2003, bakal lenyap. Spekulasi ini muncul sebab sekarang generasi baru Fit, nama lain Jazz di Jepang, dinilai tak cocok buat.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 12:37:44 WIB

    Waduh..! 4 Hari Libas Rupiah, Dolar Singapura Dekati Rp10.000

    Waduh..! 4 Hari Libas Rupiah, Dolar Singapura Dekati Rp10.000 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar dolar Singapura kembali menguat melawan rupiah pada perdagangan Rabu (26/2/2020), dan mendekati level Rp 10.000/SG$..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 15:07:47 WIB

    Waduh..! Ekspor Ikan Hias Makin Turun

    Waduh..! Ekspor Ikan Hias Makin Turun BOGOR, HARIANHALUAN.COM -- Wilayah Bogor merupakan salah satu sentra produksi budidaya ikan hias yang mencakup 607 Rumah Tangga Perikanan (RTP) bidang usaha. Produksi budidaya ikan hias Bogor meningkat dari 242,52 juta ekor p.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 20:28:19 WIB

    Waduh..! Awal 2020, Negara Sudah Defisit Rp 36 T

    Waduh..! Awal 2020, Negara Sudah Defisit Rp 36 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat defisit anggaran sebesar Rp 36,1 triliun pada Januari 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit itu setara 0,21% dari nilai PDB..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM