RI Diteror Corona, Prof Nizam Minta Salaman Diganti dengan Salam


Kamis, 05 Maret 2020 - 19:06:01 WIB
RI Diteror Corona, Prof Nizam Minta Salaman Diganti dengan Salam Plt Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Nizam. Foto/Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Plt Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Nizam, mengakui, wabah virus corona juga membuat aktivitas pendidikan tinggi di Indonesia terdampak. Sejumlah kerjasama dengan mitra dari luar negeri terhambat.

Misalnya pertukaran mahasiswa dan kerjasama penelitian dosen. Bahkan kunjungan sejumlah asesor untuk akreditasi internasional ke berbagai perguruan tinggi di Republik Indonesia.

"Sekarang kita biasanya, salaman diganti dengan salam. Kalau ada tamu-tamu asing kita cek dulu," kata Prof. Nizam saat diwawancarai awak media di Padang, Kamis (5/3/2020).

Kondisi itu, menurut Prof. Nizam merupakan kejadian yang tak bisa dielakkan, dan membutuhkan kehati-hatian dari pihak universitas dalam menerima tamu asing.

“Meski tidak ada larangan atau imbauan resmi dari kita (Ditjen Pendidikan Tinggi), tapi memang perlu kehati-hatian dalam menerima tamu dari luar negeri. Pastikan mereka tidak terjangkit virus corona. Kampus memang patut mengurangi kunjungan atau menerima kunjungan luar negeri sementara ini, sampai kondisi membaik,” ucap Prof. Nizam.

Prof. Nizam meminta, kampus di seluruh Indonesia harus mengimplementasikan kehati-hatian sebagai antisipasi penularan virus mematikan ini. Pola hidup sehat wajib diterapkan di seluruh sekolah dan perguruan tinggi.

Sementara, bagi mahasiswa asing yang terkendala untuk kembali berkuliah ke Indonesia, karena dampak penutupan penerbangan karena antisipasi penularan corona, menurut Prof. Nizam tidak perlu khawatir. Mereka disarankan agar tetap berkomunikasi dengan pihak universitas untuk meminta kebijakan.

“Perkuliahan di era sekarang ini kan bisa melalui internet, tidak perlu terlalu risau,” harapnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]com
APP HARIANHALUAN.COM