KPU Limapuluh Kota Kerja Keras Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan


Kamis, 05 Maret 2020 - 19:12:48 WIB
KPU Limapuluh Kota Kerja Keras Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan Ilustrasi

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menemukan lebih kurang 100 lembar syarat dukungan bakal calon perseorangan pasangan Maskar-Masril, tidak memenuhi syarat. Jumlah itu baru dari 11 ribu dukungan yang sudah dilakukan verifikasi administrasi.

Di antara  penilaian Tidak Memenuhi Syarat (TMS), ada yang ditemukan ketidaksesuaian NIK, dan jenis kelamin yang salah input dan KTP dari Luar. Kemudian KPU juga melihat terkait data-data yang terdapat dalam KTP dan disamakan dengan B1 KWK. 

"Kita masih terus melakukan verifikasi administrasi, dan kita melakukan verifikasi terhadap syarat dukungan pasangan yang pertama menyerahkan syarat dukungan yaitu pasangan Maskar-Masril. Dari 11 ribu yang baru kita lakukan verifikasi administrasi ada lebih kurang 100 dukungan yang TMS," sebut Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Limapuluh Kota, Rina Fitri, didampingi Amfriezer, Kamis (5/3), kepada wartawan di KPU setempat.

Disebutkan Rina Fitri, hingga batas akhir waktu pelaksanaan verifikasi administrasi pada 25 Maret 2020 beberapa hari mendatang, KPU yakin bisa menyelesaikan verifikasi administrasi dari syarat dukungan Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan, Maskar-Masril dan Ferizal Ridwan-Nurkhalis.

Komisioner perempuan ini juga menyampaikan, verifikasi faktual secara door tu door yang akan dilakukan PPS, baru dilakukan setelah melakukan verifikasi administrasi. "Setelah administrasi baru nanti kita lakukan verifikasi faktual Kemasyarakat datang langsung ke rumah-rumah warga," ujarnya.

Dan setelah dilakukan verifikasi faktual, maka syarat dukungan yang kurang harus diganti dua kali lipat dari jumlah kekurangan. "Setelah verifikasi faktual dilakukan ternyata kurang dari syarat dukungan, maka pasangan calon harus mengganti dua kali lipat dari jumlah kekurangan tersebut. Contoh kalau kurang 100 maka harus diganti 200," sebutnya.

Rina menyebut, meski ada dukungan yang tidak memenuhi syarat, namun masing-masing pasangan calon dapat memberikan syarat dukungan tambahan. "Nanti waktu penyerahan syarat dukungan tambahan juga akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual. Hanya saja untuk faktual, petugas kita tidak lagi mendatangi rumah-rumah pendukung tetapi harus dihadirkan kepada petugas," jelasnya. 

Memang terlihat petugas KPU khusyu dan sangat teliti sekali melakukan verifikasi administrasi di aula gedung KPU Limapuluh Kota, Jalan Negara Sumbar-Riau, Tanjung Pati, Kecamatan Harau. Belasan hingga puluhan petugas yang terdiri dari beberapa meja dipastikan bakal bekerja keras melakukan verifikasi administrasi terhadap puluhan ribu dukungan yang diserahkan pasangan perseorangan. (*).

Reporter : Zulkifli /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM