Ini Tahapan Gejala yang Dirasakan Pasien Virus Corona dari Hari ke Hari


Kamis, 05 Maret 2020 - 19:18:58 WIB
Ini Tahapan Gejala yang Dirasakan Pasien Virus Corona dari Hari ke Hari Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seseorang yang terinfeksi virus corona COVID-19 umumnya mengalami gejala seperti orang flu, seperti demam dan batuk kering. Namun orang yang terinfeksi COVID-19 bisa mengalami gejala yang berbeda-beda pada setiap harinya.

Dokter spesialis okupasi dari departemen ilmu kedokteran komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk, memberikan beberapa gejala yang bisa saja dirasakan pasien COVID-19. Berikut gejala yang muncul dari hari ke hari:

1. Hari pertama

Pasien akan mengalami demam yang disertai dengan nyeri otot dan batuk kering. Sebagian lainnya bahkan mengalami diare atau mual pada gejala awal.

2. Hari ke lima
Pasien mulai mengalami kesulitan bernapas, terlebih jika sudah lanjut usia atau memiliki riwayat penyakit yang telah diidap sebelumnya.

3. Hari ke tujuh
Menurut penelitian dari Universitas Wuhan, rata-rata pasien mulai dirawat di rumah sakit pada hari ketujuh setelah gejala awal.

4. Hari ke delapan
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CCDC), sekitar 15 persen orang yang mengalami gejala berat akibat infeksi COVID-19 terkena sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Penyakit ini terjadi akibat penumpukan cairan di paru-paru.

5. Hari ke sepuluh
Umumnya pasien yang gejalanya kian memburuk akan mengalami rasa sakit di perut dan kehilangan nafsu makan dibandingkan dengan mereka yang bergejala lebih ringan.

6. Hari ketujuh belas
Rata-rata pasien yang sembuh dari COVID-19 dikeluarkan dari rumah sakit setelah dirawat selama dua setengah minggu.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 22:18:49 WIB

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Studi dari Monash University dan Doherty Institute bekerja sama dalam penelitian terbaru mereka terkait obat ivermectin yang diklaim ampuh atasi virus corona COVID-19. Obat tersebut bahkan disebut .
  • Ahad, 05 April 2020 - 23:17:02 WIB

    Ini Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19

    Ini Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus corona COVID-19 membuat sebagian masyarakat ketakutan berlebih. Ya, sebagian orang percaya makanan bisa menjadi medium penyebaran virus corona COVID-19. Tapi, apakah anggapan ini bena.
  • Ahad, 05 April 2020 - 22:44:35 WIB

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari .
  • Ahad, 05 April 2020 - 21:59:24 WIB

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mimpi orang terdekat seperti orangtua atau pasangan yang meninggal dunia seringkali begitu menyesakkan dada. Meski hanya di dalam mimpi, kejadian itu terkadang terasa begitu nyata..
  • Ahad, 05 April 2020 - 18:23:08 WIB

    Faktor Gen Pengaruhi Keparahan Covid-19, Begini Kata Ahli

    Faktor Gen Pengaruhi Keparahan Covid-19, Begini Kata Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian pasien infeksi virus corona (Covid-19) memiliki gejala yang ringan dan sebagian lain punya gejala yang parah. Para ahli memperkirakan, gen memiliki peranan penting memengaruhi tingkat kepa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM