Melalui UKK, Lulusan Siswa SMK di Sumbar Langsung Siap Kerja


Kamis, 05 Maret 2020 - 19:21:02 WIB
Melalui UKK, Lulusan Siswa SMK di Sumbar Langsung Siap Kerja Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat membuka Rapat Verifikasi Tempat Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2019/2020, di Aula SMK Negeri 2 Padang, Kamis (5/3/2020).

UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha atau industri.

"Kita harus berikan pada anak didik yang berkualitas skill baik administrasi dan teknis, membina watak dan jiwa berstandar layak pakai," ujar Wagub Sumbar.

Nasrul Abit menyampaikan Sumbar sudah memiliki keunggulan kompetitif, dan kalau ingin berubah menjadi unggul yang kompetitif gali terus, sehingga meningkatkan daya saing tinggi. Wagub berharap SMK membentuk sumber daya manusia yang diingikan sesuai jamannya.

"Kita punya sumber daya manusia bagus, apalagi saat ini tamatan SMK di Sumbar ini sudah banyak bekerja di negara Jepang sesuai dengan keahliannya. Ini membuktikan mereka mungkin memiliki daya saing. Mari kita tingkatkan terus kualitas, agar SDM kita bisa bersaing di tingkat internasional," ajak Wagub.

Menurut Wagub, adanya kegiatan sertifikasi ini bertujuan untuk efektivitas dan efisiensi, sekaligus menginginkan kualitas pendidikan sesuai standarisasi nasional.

"Kita harus membuat sebanyak mungkin lulusan berskill dari Sumbar. Kualitas para pendidik juga menentukan kualitas para lulusan SMK," ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar tegaskan, UKK ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMK, melalui UKK peserta didik akan lebih siap dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, selain itu juga peserta didik mampu untuk menjadi seorang young entrepreneur di bidang keahliannya masing-masing. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:30:34 WIB

    Mahasiswa UNP Kini Kuliah Melalui Siaran RRI

    Mahasiswa UNP Kini Kuliah Melalui Siaran RRI PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memberikan layanan pembelajaran kepada mahasiswa dalam masa siaga Covid 19, Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kerjasama dengan LPP RRI..
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 21:14:31 WIB

    Siswa SMPN 4 Sutera Diterapkan Pola Pikir Ilmiah Melalui Program MPLS

    Siswa SMPN 4 Sutera Diterapkan Pola Pikir Ilmiah Melalui Program MPLS PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan bersama tim Putra Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) melalui Lighthouse School Program (LSP), menerapkan konsep program MPLS berbas.
  • Rabu, 01 Mei 2019 - 17:20:47 WIB

    Bakat Siswa Disalurkan Melalui Ajang Kreativitas

    Bakat Siswa Disalurkan Melalui Ajang Kreativitas PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Lahirkan generasi muda yang berbakat, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Padang Panjang menggelar ajang Pekan Kreativitas Siswa dalam rangka Gebyar Hari Pendidikan Nasi.
  • Senin, 09 Oktober 2017 - 21:22:27 WIB

    Yasarini Lanud Sutan Sjahrir Jaring Prestasi Siswa Melalui AMSO 2017

    Yasarini Lanud Sutan Sjahrir  Jaring Prestasi Siswa Melalui AMSO 2017 PADANG, HARIANHALUAN.COM – Guna menjaring siswa berprestasi dalam bidang sain dan matematika, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) se-Indonesia mengadakan Angkasa Mathematic and Science Olympiade (AMSO) Tahun 2017. Tak ketingg.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM