RAT Tahun Buku 2019, SHU KPN Tuah Sepakat Tembus Rp1,051 Miliar


Kamis, 05 Maret 2020 - 21:29:43 WIB
RAT Tahun Buku 2019, SHU KPN Tuah Sepakat Tembus Rp1,051 Miliar Pengurus KPN Tuah Sepakat menyerahkan sertifikat penghargaan kepada anggota. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Tuah Sepakat Kabupaten Tanah Datar menggelar rapat anggota tahun tahun buku 2019 di Gedung Nasional, Batusangkar, Kamis (5/3), dihadiri ratusan anggota dari 620 anggota KPN Tuah Sepakat saat ini.

KPN tuah sepakat yang telah berdiri sejak tahun 1950-an itu membukukan sisa hasil usaha (SHU) 2019 sebesar Rp1,051 miliar dari total aktiva sebesar Rp24,6 miliar.

Ketua KPN Tuah Sepakat Imran menyebutkan, RAT tahun ini menjadi yang istimewa dan koperasi pegawai negeri itu segera meralih dari konvensional kepada syariah. Peralihan kepada manajemen syariah ini telah disepakati pada RAT tahun lalu.

"Kita ke depan akan membentuk unit usaha syariah dulu, belum bisa sepenuhnya dijalankan sistem syariah. Ini terkendala dengan usaha simpan pinjam selama ini karena sebelumnya masih banyak anggota yang memperpanjang masa pinjamannya, sedangkan hal itu tidak berlaku pada sistem syariah," kata Imran.

Dikatakan, saat ini KPN Tuah Sepakat memiliki tiga bidang usaha diantaranya simpan pinjam, perdagangan dan pengembangan aset beberapa kapling tanah, direncanan tanah yang ada akan dibangun perumahan melalui kerjasama dengan pengembang.

Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Badan Keuangan Daerah Adrion Nurdal menyebutkan, KPN Tuah Sepakat perlu berbenah kedepannya untuk mengembangkan diri agar dapat mensejahterakan para anggota.

"Kita ketahui jumlah anggota tahun ini berkurang dari sebelumnya. Momentum penerimaan pegawai nanti perlu untuk merangkul ASN baru untuk bergabung. KPN ini juga mesti meningkatkan pembiayaan untuk usaha, bisa kita melakukan pinjaman kepada perbankan, berikan pelayanan dan kemudahan-kemudahan pada anggota agar mereka betah pada koperasi ini, persaingan dengan lembaga keuangan lain dalam simpan pinjam juga mesti dipertikan, berapa besaran suku bunganya," ujarnya.

Untuk besaran pinjaman pada koperasi itu, tahun lalu dapat memberikan maksimal Rp200 juta pada anggota, sementara untuk tahun ini akan dibahas dalam rapat kerja termasuk untuk berapa besaran simpanan pokok tiap bulan.

Saat itu pengurus juga memberikan hiburan pada anggota berupa dendang KIM berhadiah, Molensky Musik Entertainment tampil memberikan hiburan berhadiah saat itu. (*)
 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM