Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau...


Kamis, 05 Maret 2020 - 21:53:12 WIB
Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Empon-empon mendadak diburu masyarakat karena diklaim dapat menangkal virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun ada hal yang harus Anda perhatikan jika ingin konsumsi racikan empon-empon.

Isi dari empon-empon umumnya terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, kencur, lengkuas, daun serai, dan lain sebagainya. Tanaman herbal ini memang sangat populer di Indonesia, karena tak hanya menangkal penyakit akibat virus korona/COVID-19).

Baca Juga : Vaksinasi di Rumkitban Batam Diikuti Ratusan Warga

Juru Bicara Satgas Waspada dan Siaga COVID-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan mengatakan, empon-empon masuk dalam farmakologi tradisional. Khasiatnya mengandung tinggi antioksidan.

"Tapi kita perlu berpikir, kalau tidak bisa mengolahnya seperti merebus dengan suhu asal-asalan, saya khawatirnya malah oksidan yang terbentuk," ucapnya ditemui Okezone dari Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga : Rahmi Hidayati Sukses Melakukan Pengobatan dengan JKN-KIS

Ketika salah mengolah empon-empon itu, manfaatnya bukan jadi obat. Malahan yang muncul adalah efek bahaya.

Pada dasarnya, empon-empon memang dapat dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Dokter Erlina pun mengingatkan, agar masyarakat lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih pengobatan.

Baca Juga : Ini Syarat dan Cara Mendaftarkan BPJS Kesehatan Bagi Bayi Baru Lahir

Sebab, para ahli medis hingga saat ini sedang meneliti beragam obat atau penangkal COVID-19. "Para ahli medis pun belum menemukan obat anti-korona," kata Dokter Erlina.(*)

Editor : NOVA | Sumber : okezone
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]