Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau...


Kamis, 05 Maret 2020 - 21:53:12 WIB
Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Empon-empon mendadak diburu masyarakat karena diklaim dapat menangkal virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun ada hal yang harus Anda perhatikan jika ingin konsumsi racikan empon-empon.

Isi dari empon-empon umumnya terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, kencur, lengkuas, daun serai, dan lain sebagainya. Tanaman herbal ini memang sangat populer di Indonesia, karena tak hanya menangkal penyakit akibat virus korona/COVID-19).

Juru Bicara Satgas Waspada dan Siaga COVID-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan mengatakan, empon-empon masuk dalam farmakologi tradisional. Khasiatnya mengandung tinggi antioksidan.

"Tapi kita perlu berpikir, kalau tidak bisa mengolahnya seperti merebus dengan suhu asal-asalan, saya khawatirnya malah oksidan yang terbentuk," ucapnya ditemui Okezone dari Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Ketika salah mengolah empon-empon itu, manfaatnya bukan jadi obat. Malahan yang muncul adalah efek bahaya.

Pada dasarnya, empon-empon memang dapat dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Dokter Erlina pun mengingatkan, agar masyarakat lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih pengobatan.

Sebab, para ahli medis hingga saat ini sedang meneliti beragam obat atau penangkal COVID-19. "Para ahli medis pun belum menemukan obat anti-korona," kata Dokter Erlina.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 13:20:46 WIB

    Sebelum Bikin Hand Sanitizer, Kenali Dulu Bahayanya Yuk!

    Sebelum Bikin Hand Sanitizer, Kenali Dulu Bahayanya Yuk! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menyusul mewabahnya virus corona, cairan pembunuh kuman atau hand sanitizer menjadi barang yang paling banyak dicari. Tapi tahu kah kamu, terlalu sering memakai hand sanitizer juga bisa membahayaka.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:20:57 WIB

    FKUI Tak Sarankan Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Nah Lho?

    FKUI Tak Sarankan Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Nah Lho? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di tengah langka dan mahalnya hand sanitizer, banyak orang yang memilih untuk meraciknya sendiri. Biasanya, kebanyakan dari mereka mendapatkan informasi terkait bahan-bahannya dari media sosial, te.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 21:46:07 WIB

    Ingat Ya! Panik Bikin Imun Tubuh Turun, Corona Leluasa Menyerang

    Ingat Ya! Panik Bikin Imun Tubuh Turun, Corona Leluasa Menyerang JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pasien 01, 02, dan 03 yang telah dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona (COVID-19) dihadirkan saat jumpa pers di RSPI Sulianti Saroso. Ketiga pasien tersebut membagi pengalaman mereka berjuang.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 12:36:10 WIB

    Bahaya! Virus Corona Bisa Bikin Pria Impoten

    Bahaya! Virus Corona Bisa Bikin Pria Impoten JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dokter di China mengatakan bahwa pria yang positif terinfeksi COVID-19 dan sudah dinyatakan sembuh, berisiko terhadap gangguan di area intimnya. Dokter meyakini bahwa virus corona bisa merusak fu.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 13:34:17 WIB

    Kebanyakan Makan Gorengan Bisa Bikin Impoten, Bahaya Banget!

    Kebanyakan Makan Gorengan Bisa Bikin Impoten, Bahaya Banget! HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Siapa yang tak menyukai gorengan? Rasa gurih dan renyah membuat gorengan jadi camilan populer yang disukai masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM