Besok Jumatan, Kaum Muslim Diingatkan Bawa Sajadah Sendiri


Kamis, 05 Maret 2020 - 23:52:41 WIB
Besok Jumatan, Kaum Muslim Diingatkan Bawa Sajadah Sendiri Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan masyarakat agar membawa sajadah atau alas sendiri untuk digunakan saat salat Jumat guna menghindari penularan virus corona (Covid-19). Dia meneruskan imbauan yang sebelumnya dikeluarkan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Khusus untuk teman-teman yang akan menunaikan Salat Jumat besok, jangan lupa bawa sajadah atau alas sujud sendiri," ucapnya melalui akun Twitter @aniesbaswedan, Kamis (5/3).

Tak ketinggalan, dia juga menyarankan masyarakat menghubungi hotline Pemprov DKI Jakarta jika ada yang ditanyakan seputar virus corona. Masyarakat bisa menghubungi nomor 112, 119 atau 081388376955.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerbitkan surat edaran No. 041/PP/-DMI/A/II/2020. Ada enam poin imbauan kepada DKM dan takmir masjid/musala mengenai pencegahan virus corona.

Pertama, teratur menjaga kebersihan lantai masjid dengan cairan disinfektan. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin.

Ke tiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan.

"Mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing," mengutip poin 4 surat edaran DMI.

Ke lima, DMI meminta para jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh.

Ke enam, takmir masjid perlu mengawasi penyebaran/penularan virus corona dan melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid.

Surat edaran itu ditandatangani Ketua Umum DMI Mohammad Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Imam Addaruqutni pada 2 Maret 2020.

Di Indonesia sendiri telah ada dua orang yang dinyatakan positif mengidap virus corona. Pemerintah mengumumkan itu pada Senin lalu (2/3). Dua pasien itu kini dirawat dan diisolasi di RSPI Sulianto Saroso, Jakarta.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 07:48:36 WIB

    Berlaku Besok, Orang Asing Tak Boleh Lagi Masuk Indonesia

    Berlaku Besok, Orang Asing Tak Boleh Lagi Masuk Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly resmi melarang warga negara asing (WNA) masuk maupun transit di wilayah Indonesia dalam menekan penyebaran virus corona (Covid-19)..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 15:04:56 WIB

    Mulai Besok, Kunjungan Tahanan KPK Dilakukan secara Online

    Mulai Besok, Kunjungan Tahanan KPK Dilakukan secara Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) akan memberlakukan kunjungan tahanan secara online menggunakan video conference mulai Rabu (1/4/2020) besok dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 17:29:39 WIB

    Kebijakan Mudik di Tengah Pandemi Corona Diputuskan Besok Sore

    Kebijakan Mudik di Tengah Pandemi Corona Diputuskan Besok Sore JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta masyarakat bersabar terlebih dahulu terkait kebijakan mudik lebaran di masa pandemi Corona. Doni mengatakan kebijakan itu sedan.
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 19:44:38 WIB

    Mulai Besok, Kemkominfo Terapkan Work from Home

    Mulai Besok, Kemkominfo Terapkan Work from Home JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk menerapkan mekanisme kerja dari rumah atau work from home dengan sistem bergantian atau shift sesuai kebutuhan. Langkah itu diterapkan meng.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:44:36 WIB

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga di desa Penagi, Kabupaten Natuna, disebut akan ikut melepas kepulangan ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi kesehatan selama 14 hari setelah dievakuasi dari daerah waba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM