Masih Berlanjut..! Giliran Afrika Selatan yang Konfirmasi Kasus Pertama Positif Corona


Jumat, 06 Maret 2020 - 03:35:33 WIB
Masih Berlanjut..! Giliran Afrika Selatan yang Konfirmasi Kasus Pertama Positif Corona Ilustrasi virus Corona (Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Afrika Selatan mengkonfirmasi kasus pertama positif Corona di negaranya. Kasus ini adalah ketiga di Benua Afrika setelah Nigeria dan Senegal.

Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize mengatakan seorang pria berusia 38 tahun tertular virus Corona setelah melakukan perjalanan dari Italia. Pria tersebut bersama istrinya merupakan bagian dari rombongan 10 orang yang kembali ke Afrika Selatan pada 1 Maret 2020.

"Pagi ini, Institut Nasional untuk Penyakit Menular mengkonfirmasikan bahwa kasus COVID-19 yang diduga positif," kata Menteri Kesehatan Zweli Mkhize dalam sebuah pernyataan seperti di lansir AFP, Jumat (6/3/2020).

Zweli menyebut kasus itu terdeteksi di provinsi timur Kwa-Zulu Natal, Afrika Selatan. Virus Corona terdeteksi dua hari setelah kedatangan pria tersebut ke Afrika Selatan.

"Dua hari kemudian, pada 3 Maret, ia berkonsultasi dengan dokter umum swasta dengan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk. Dia telah dirawat di rumah sakit," katanya.

Sementara itu, Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, meminta warga Afrika Selatan untuk tidak panik. Menurutnya, pemerintah akan menangani masalah itu dengan serius.

"Pemerintah akan menunjukkan keseriusannya dalam menangani masalah ini," katanya kepada media di pangkalan angkatan udara di ibukota Pretoria.

Cyril mengatakan Afrika Selatan sedang bersiap-siap untuk memulangkan 184 warganya yang bekerja di Wuhan, China. Termasuk dua orang warga Afrika Selatan yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess juga akan dipulangkan.

"Sekarang telah dites, (hasilnya) negatif dan akan segera membuat mereka pulang," pungkasnya. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 22:32:47 WIB

    16 Negara yang Masih Bebas Corona

    16 Negara yang Masih Bebas Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di hadapan virus corona, tak ada negara yang kebal. Namun, kabarnya di 16 negara ini belum ada laporan kasus virus Corona..
  • Rabu, 01 April 2020 - 08:26:45 WIB

    Prediksi WHO: Pandemi Corona di Asia masih Belum Berakhir

    Prediksi WHO: Pandemi Corona di Asia masih Belum Berakhir INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi virus corona baru atau Covid-19 masih mengkhawatirkan banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bahkan memprediksi tidak akan cepat selesai. Menurut prediksi WHO, pandemi vi.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 23:35:04 WIB

    Ini Hal yang Masih Bisa Dilakukan Saat Australia Shutdown

    Ini Hal yang Masih Bisa Dilakukan Saat Australia Shutdown CANBERRA, HARIANHALUAN.COM - Australia telah mengambil tindakan yang lebih ketat dengan menutup sejumlah tempat, termasuk pub, klub, tempat olahraga dan keagamaan mulai Senin (23/03), sebagai upaya pencegahan virus corona..
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 01:20:55 WIB

    7 WNA Jamaah Ijtima Dunia Kembali ke Asalnya, 429 Masih Tunggu Jadwal

    7 WNA Jamaah Ijtima Dunia Kembali ke Asalnya, 429 Masih Tunggu Jadwal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyebut setidaknya tujuh orang warga negara asing (WNA) jamaah Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Sel.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 11:11:46 WIB

    Waduh..! 10 Kota di Italia Masih 'Dikunci', Ini Penyebabnya...

    Waduh..! 10 Kota di Italia Masih 'Dikunci', Ini Penyebabnya... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sepuluh kota di Italia 'dikunci' dan penduduk diperingatkan untuk 'menjauh' dari UGD setelah kematian kedua akibat virus corona COVID-19 memicu kekhawatiran di seluruh wilayah. Italia kali ini juga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM