Menag Rancang Program Satu Keluarga Satu Sarjana


Jumat, 06 Maret 2020 - 03:41:52 WIB
Menag Rancang Program Satu Keluarga Satu Sarjana Menteri Agama Fachrul Razi menyiapkan program agar minimal ada satu orang di setiap keluarga yang bergelar sarjana (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

JAKARTA, HARIANHARIAN.COM -- Menteri Agama Fachrul Razi mengaku tengah merancang sebuah gerakan program pendidikan agar anak-anak muda Indonesia bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana. Dia berharap minimal ada satu orang yang bergelar sarjana di tiap keluarga.

"Saya berharap kiranya didorong kesadaran kolektif. Anak-anak kita saatnya harus jadi sarjana. Sekurang-kurangnya 1 keluarga 1 sarjana," kata Fachrul, dikutip dari CNN, Jumat (5/3/2020)

Lebih lanjut, Fachrul menyatakan program itu dirancang karena masih begitu banyak penduduk Indonesia yang belum mampu mengakses pendidikan tinggi akibat berbagai faktor.

Ia merinci data Bappenas yang menunjukkan hanya 8,8 persen penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas yang sudah mengenyam pendidikan tinggi.

"Artinya kita mendorong untuk melakukan perluasan akses kepada masyarakat agar anak-anak bangsa menikmati menuntaskan pendidikannya hingga perguruan tinggi," kata dia

Fachrul optimistis program 1 Keluarga 1 Sarjana akan berjalan dengan baik. Pemerintah akan mengeluarkan pelbagai kebijakan penunjang guna memfasilitasi tiap anak muda Indonesia berkuliah di perguruan tinggi.

Salah satunya melalui rencana kebijakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Melalui program itu, kata dia, anak-anak muda lulusan SLTA yang kurang mampu dan telah memenuhi persyaratan akan diberikan bantuan dana pendidikan kuliah.

"Akan disediakan 6,6 juta orang per semester. Ini sudah cukup dan bisa mengejar ketertinggalan kita," kata Fachrul.

Diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menargetkan 818 ribu mahasiswa mendapat KIP Kuliah. Pemegang kartu yang dirancang sebagai program kampanye Joko Widodo di Pilpres 2019 itu nantinya bakal mendapat bantuan biaya kuliah Rp2,4 juta per semester dan bantuan biaya hidup Rp4,2 juta per semester. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:36:47 WIB

    Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor

    Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah membuka program beasiswa unggulan yaitu "Integrated Master-Doctor (IMD)” atau Program Magister Lanjut Doktor Luar Negeri. P.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 17:54:07 WIB

    Mulai WFH, Kemenag Minta Siswa Madrasah Tingkatkan Kecakapan Hidup

    Mulai WFH, Kemenag Minta Siswa Madrasah Tingkatkan Kecakapan Hidup JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi global coronavirus atau Covid-19 yang dihadapi oleh dunia, termasuk Indonesia, memaksa lembaga-lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh bagi peserta didiknya. Tak terkecu.
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 10:23:02 WIB

    Kemenag Buka Seleksi Mahasiswa Baru ke Timur Tengah, Ini Tahapannya

    Kemenag Buka Seleksi Mahasiswa Baru ke Timur Tengah, Ini Tahapannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama akan kembali membuka seleksi calon mahasiswa S1 untuk kuliah di Timur Tengah. Ada tiga negara tujuan, yaitu: Mesir, Sudan, dan Maroko. Kemenag membuka program beasiswa dan non be.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 22:55:47 WIB

    UIN Gandeng Kemenag Sumbar Gaet Mahasiswa Baru

    UIN Gandeng Kemenag Sumbar Gaet Mahasiswa Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menjelang penerimaan mahasiswa baru, pihak kampusUniversitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat (Kanwil Kemenag S.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 02:56:45 WIB

    Menag Sebut Kini Masyarakat Belajar Agama dari Medsos

    Menag Sebut Kini Masyarakat Belajar Agama dari Medsos SLEMAN, HARIANHALUAN.COM – Menteri Agama Fachrul Razi menyoroti perkembangan teknologi yang rawan terjadi penyimpangan, khususnya dalam kaitan agama. Menyusul pola pendidikan yang tidak benar dari generasi milenial yang ban.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM