5 Benda yang Harus Dibeli untuk Hadapi Corona


Jumat, 06 Maret 2020 - 04:38:53 WIB
5 Benda yang Harus Dibeli untuk Hadapi Corona Ilustrasi obat-obatan/Viva

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Belakangan ini kita baru saja dihadapi fenomena sosial akibat paniknya para warga masyarakat terhadap wabah virus corona covid-19. Kepanikan tersebut pun akhirnya berujung timbulnya Panic Buying di mana-mana.

Orang-orang mulai segera memenuhi pusat perbelanjaan beberapa hari terakhir. Yang menjadi banyak sorotan adalah hampir sebagian orang belanja barang-barang tertentu saja dengan jumlah yang besar.

Tisu toilet, air botolan dan alat-alat kesehatan lainnya diborong habis sampai rak display kosong oleh kebanyakan orang. Itu semua terlihat dari beberapa unggahan orang-orang hingga viral di sosial media seperti Instagram.

Namun apakah yang dilakukan orang-orang selama panic buying tersebut dinilai tepat? Banyak sekali rasanya benda-benda selain itu yang urgensinya banyak diperlukan untuk kebutuhan di rumah.

Seperti apa yang dikatakan salah satu dokter ahli penyakit dalam asal New York, Amerika Serikat. Orang-orang mudah panik saat mendengar hebohnya virus corona, tapi dalam melakukan persiapan kita diminta untuk bijak.

"Sangat mudah untuk terseret dalam kegilaan virus corona, tetapi jika anda akan bersiap untuk kemungkinan sakit, anda harus melakukannya dengan bijak," ujar Dr. Keith Roach, ahli penyakit dalam di Rumah Sakit Presbyterian New York yang dilansir dari Men's Health. 

Nah karenanya, berikut tim VIVA sudah merangkum beberapa benda yang seharusnya kalian beli dalam menghadapi wabah virus ganas tersebut sebagai upaya persiapan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

1. Buah dan Sayuran Beku

Lumrahnya, orang-orang lebih banyak menyimpan makanan kaleng di rak persediaan mereka sebagai bahan makanan darurat. Dr Roach menyarankan untuk membeli buah dan sayuran beku sebab mengandung banyak nutrisi sekaligus segar ketika dikonsumsi.

2. Makanan Favorit

Orang-orang akan lebih merasa bahagia apabila kebutuhan khususnya selalu tersedia kapan saja. Contohnya adalah makanan favorit. 

Makanan favorit dapat membuat mood kalian tetap stabil dalam menemani hari-hari anda di rumah apabila sewaktu-waktu semua kegiatan diimbau untuk dihentikan demi memperlambat penyebaran virus corona.

Selalu pikirkan camilan atau suguhan istimewa yang anda sukai, seperti cokelat ataupun makanan berat lainnya.

3. Obat batuk dan anti radang

Dalam masa-masa karantina atau anda diminta untuk bekerja dari rumah oleh kantor bisa jadi kemungkinan timbul penyakit-penyakit ringan yang membuat anda tidak nyaman.

Gejalanya kadang bervariasi. Bisa sakit kepala, batuk dan nyeri otot adalah keluhan umum yang biasanya terkait dengan virus corona. Dr. Roach menyarankan untuk terus menggunakan decongestan (obat batuk) dan anti-inflamasi seperti ibuprofen yang selalu tersedia.

4. Obat Resep

Langkah ini memang sangat amat dianjurkan oleh Dr. Roach. Dia menyarankan untuk mempunyai resep obat yang tersedia di rumah jika sewaktu-waktu penyakit anda kambuh.

Silahkan keluhkan pada apoteker tentang gejala-gejala yang sering anda alami untuk bisa membuat rencana dalam pengaturan persediaan obat-obatan.

5. Herbal yang membuat nyaman

Mungkin sebagian orang mempunyai penyakit dengan gejala yang sama. Tapi terkadang penyakit yang sama itu bisa saja diobati dengan obat dan cara yang berbeda tergantung keadaan penderitanya.

Misal, ketika Anda mengalami pilek atau flu, biasanya lebih memilih membuat teh hangat-hangat sehingga uapnya bisa anda hirup sebagai relaksasi di jaringan pernapasan Anda. Atau membuat jus mangga ketika tenggorokan merasa panas dan sedikit berat.

Dr. Roach menganjurkan untuk bisa memenuhi hal-hal yang seperti ini atau setidaknya mengurangi gejala tersebut dengan obat-obat favorit anda setiap kali merasakan sakit.

Di atas adalah beberapa kebutuhan yang seharusnya menjadi pilihan utama saat ini sebagai upaya persiapan mencegah penularan virus corona. Jika kamu masih merasa  baik-baik saja, tidak ada salahnya juga untuk saling mengingatkan dan mencegah dalam keseharian. Stay Safe Everyone. (*)

 Sumber : Viva /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 06:35:49 WIB

    5 Manfaat Memasak di Rumah untuk Kesehatan Mental

    5 Manfaat Memasak di Rumah untuk Kesehatan Mental JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Isolasi atau berdiam diri di rumah membuat banyak orang berkreasi dengan memasak. Media sosial pun dipenuhi dengan kreasi masakan netizen..
  • Rabu, 01 April 2020 - 22:44:11 WIB

    5 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Wajah, Hati-hati Lho!

    5 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Wajah, Hati-hati Lho! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Saat melakukan perawatan wajah, baik itu di rumah maupun di klinik atau salon kecantikan, pastinya kita mengharapkan hasil yang maksimal, bukan? Namun, apa jadinya ya, kalau kita terlalu sering me.
  • Rabu, 01 April 2020 - 12:59:22 WIB

    5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian

    5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengelola uang dengan baik seringkali sulit diterapkan. Namun itu akan menjadi mudah ketika kamu mulai melakukannya dan terbiasa..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 13:03:45 WIB

    5 Tips Meredam Stres dan Panik di Tengah Pandemi Corona Covid-19

    5 Tips Meredam Stres dan Panik di Tengah Pandemi Corona Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona Covid-19 menyerang seluruh dunia. Setiap hari, berita munculknya kasus baru hingga jumlah korban meninggal terpampang di layar kaca hingga smartphone..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 12:31:12 WIB

    5 Pilihan Meditasi Daring, Tenang Sejenak dari Wabah Covid-19

    5 Pilihan Meditasi Daring, Tenang Sejenak dari Wabah Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Informasi mengenai Covid-19 hadir tak kenal waktu, pagi hingga malam tak henti-henti. Wajar bila mendadak timbul rasa cemas berlebih dalam diri Anda..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM