Tips Konsumsi Rimpang yang Aman untuk Usir Corona


Jumat, 06 Maret 2020 - 05:44:30 WIB
Tips Konsumsi Rimpang yang Aman untuk Usir Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tercatat ada 90 ribu orang terpapar virus corona di dunia. Virus yang berasal dari China ini hingga kini belum ada obat atau vaksin untuk mengatasinya.

Namun beberapa waktu belakangan ini, obat herbal seperti tanaman rimpang seperti jahe, kencur, kunyit, dan temulawak disebut-sebut bisa mengatasi virus corona. Dalam program Hidup Sehat Tv One, dokter spesialis farmakologi, dr Lonah, Sp.FK menjelaskan bahwa tanaman rimpang tersebut bisa mencegah virus corona.

"Mencegah bisa jadi fakta, karena tanaman rimpang itu memiliki zat aktif seperti curcumin, ini bisa membantu tubuh terhindar dari infeksi corona, tapi untuk terhindar dari corona enggak bisa dicegah hanya minum ini, tapi juga makan makanan sehat, istirahat cukup," kata dia.

Bukan hanya itu beberapa tanaman rimpang seperti kencur, dapat mengurangi gejala dari flu. Lantaran kencur dapat melelahkan tenggorokan ketika flu.

"Ini bukan sebagai obat utama, kalau dua hari ga bisa pergi ke dokter," lanjut dia.

Selain itu tanaman rimpang juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Yang mana ketika imunitas seseorang baik diyakini beberapa virus atau bakteri tidak akan masuk dalam tubuh.

"Tumbuhan rimpang ini mengandung curcumin, hingga flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi sel paparan dari radikal bebas," kata dia.

Untuk mengonsumsi tumbuhan rimpang ini kata dia juga perlu diperhatikan. Dia menjelaskan bahwa wanita hamil, orang dengan kondisi memiliki riwayat batu empedu, dan memilki ganguan lambung tidak disarankan mengonsumsi tumbuhan rimpang ini.

Bukan hanya itu, mengonsumsi tanaman rimpang juga harus ada aturannya. Yang mana untuk temulawak sebanyak 25 gram per hari atau 2 sendok teh, sedangkan jahe merah tidak boleh lebih dari 5 gram atau 1 ruas jari.

"Caranya digeprek kemudian disiram air hangat, bisa ditambah gula jawa. Tapi perhatikan konsumsinya jangan saat perut kosong," kata dia. (*)

Editor : Milna | Sumber : Viva
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]