Cegah Penularan Corona, Ini 6 Alternatif Salaman Selain Berjabat Tangan


Jumat, 06 Maret 2020 - 08:58:24 WIB
Cegah Penularan Corona, Ini 6 Alternatif Salaman Selain Berjabat Tangan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona menyebar ketika droplets atau tetesan ketika batuk sampai di tangan, lalu virus akan menyebar ketika bersalaman. Maka, WHO menyarankan untuk menghindari berjabat tangan agar penularan virus bisa dicegah.  Berikut adalah alternatif dari berjabat tangan yang bisa dilakukan untuk memberi salam pada orang lain.

1. Melambaikan tangan
Melambaikan tangan ketika bertemu seseorang adalah cara paling umum yang dilakukan orang-orang. Cara ini tidak membutuhkan kontak fisik satu sama lain, sehingga potensi untuk bertukar bakteri dan virus pantang terjadi.

2. Salam "Wai" di Thailand atau "Namaste" di India.
Salam wai dan namaste sedikit mirip. Orang bertemu dengan menelungkupkan kedua tangan di depan dada sebagai bentuk sapaan. Cara salam ini juga tidak memerlukan kontak fisik satu sama lain.

3. Footshake
Footshake adalah alternatif lain dari berjabat tangan. Beberapa orang telah melakukannya. Di Iran, cara ini sering dilakukan sebagai bentuk sapaan kepada orang yang dijumpai. Ketika bertemu, orang akan mengayunkan kaki mereka satu sama lain. Tapi bukan berarti menendang kaki lawan, ya.

4. Gong Shou
Gong Shou adalah cara menyapa yang umum digunakan orang China. Melansir dari The Guardians, Gong shou adalah etiket yang serIng dijumpai di sekolah-sekolah China. Mereka menyapa dengan mengepalkan salah satu tangan dan mempertemukannya dengan telapak tangan lain yang terbuka. Lawan bicara pun akan melakukan hal yang sama sebagai bentuk balasan salam. Tentu saja, cara ini tidak membutuhkan kontak fisik satu sama lain.

5. Menunduk atau membungkukkan badan
Membungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan dan salam sering dijumpai di negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Selain untuk menyapa, sikap membungkukkan badan ini juga digunakan sebagai ucapan terima kasih atau permisi.

6. Senyum
Cara termudah untuk menyapa tanpa harus berjabat tangan adalah dengan ekspresi wajah yaitu tersenyum. Selain sebagai bentuk salam, tersenyum menunjukkan keramahan dan bisa membuat lawan bicara merasa senang. (*)

 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 06:13:43 WIB

    Benarkah Masker Kain Efektif Cegah Corona? Ini Kata Achmad Yurianto

    Benarkah Masker Kain Efektif Cegah Corona? Ini Kata Achmad Yurianto JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menyebutkan, masker berbahan dasar kain dapat dijadikan alternatif untuk mencegah penularan virus..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 22:56:48 WIB

    Tips Menghilangkan Kebiasaan Pegang Wajah untuk Cegah Corona

    Tips Menghilangkan Kebiasaan Pegang Wajah untuk Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus corona atau Covid-19 dapat masuk ke dalam tubuh, melalui tiga "gerbang utama", yaitu hidung, mulut, dan juga mata. Itulah sebabnya, para peneliti menyarankan untuk mengurangi kebiasaan memeg.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 13:34:06 WIB

    Bagian Rumah yang Perlu Disemprot Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona

    Bagian Rumah yang Perlu Disemprot Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama mewabahnya virus Corona, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi atensi utama setiap orang. Selain dengan mencuci tangan dan menjauhkan diri dari keramaian, memastikan rumah bebas dari papa.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 05:46:42 WIB

    Ini Tips Isolasi Diri Cegah Penularan Virus Corona

    Ini Tips Isolasi Diri Cegah Penularan Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus corona semakin mengkhawatirkan. Dokter spesialis paru yang juga menjadi Juru Bicara RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, membagikan tips melakukan isolasi diri untuk mencegah penyebaran .
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 18:27:28 WIB

    Cara Mencegah Virus Corona Saat Naik Transportasi Umum

    Cara Mencegah Virus Corona Saat Naik Transportasi Umum JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona adalah salah satu virus yang banyak ditakuti dan menyita perhatian Internasional. Hal ini dikarenakan penyebaran virus yang sangat cepat sehingga membuat setiap orang semakin was-was..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM