Jumlah Pemilih Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 Mencengangkan


Jumat, 06 Maret 2020 - 09:16:44 WIB
Jumlah Pemilih Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 Mencengangkan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pemilih disabilitas akan ikut ambil bagian dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Azis mengatakan, tercatat ada sekitar 137.247 dari 105 juta jiwa yang masuk dalam daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4).

"Prinsipnya sekarang KPU sedang sinkronisasi DPT 2019 dengan DP4. Kita juga mengundang dukcapil, dan sinkronisasi berjalan maraton. Kita bekerja sama melakukan sinkronisasi (termasuk pemilih disabilitas)," ungkap Viryan Azis di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Jumlah tersebut masih dinamis, bisa berkurang atau bertambah. Sama seperti daftar pemilih lainnya, tergantung hasil sinkronisasi daftar memilih maupun pencocokan dan penelitian (coklit) yang akan digelar pada pemutakhiran daftar pemilih.

"Memperbaiki melengkapi elemen data, misalnya NIK-nya atau tempat tinggalnya, yang bersangkutan pindah, waktu di DPT masih di rumah lama atau pindah, tapi tidak mengurus dokumen perubahan, menghapus pemilih yang tidak ditemui keberadaannya, itu kegiatan coklit. Include di dalamnya, masuk juga pemilih disabilitas," kata Viryan dilansir Antara. 

Kesiapan Akomodasi
Soal kesiapan akomodasi bagi pemilih disabilitas, KPU telah menetapkan standar tempat pemungutan suara (TPS) yang bisa diakses oleh para pemilih. 

"Terkait dengan penyiapan perangkat bantuan untuk pemilih disabilitas, kalau TPS, kita sudah TPS akses. Maksudnya TPS akses, kita sudah meminta sejak awal tidak melihat di daerah itu ada pemilih disabilitas atau tidak, TPS kita sudah kita tentukan TPS akses," jelas Viryan.

Contoh, TPS harus bisa diakses untuk pengguna kursi roda, ukuran pintu masuk dan keluar ditentukan untuk memberikan layanan bagi segmen disabilitas.

"Kalaupun ada tangga, dia harus ada akses buat kursi roda. Bukaannya harus cukup untuk orang masuk, tingginya juga sudah diatur, nah itu akses," ucap Viryan.(*)

 Sumber : liputan6 /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 September 2019 - 17:36:01 WIB

    Sejumlah Dukungan Mengalir, Nama Maigus Mulai Jadi Perbincangan di Kab Solok

    Sejumlah Dukungan Mengalir, Nama Maigus Mulai Jadi Perbincangan di Kab Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Aroma pilkada Kabupaten Solok mulai merebak keseluruh penjuru negeri di bumi penghasil markisa ini. Sejumlah nama mulai digadang-gadang akan bertarung dikancah pemilihan bupati di kabupaten ini. Ba.
  • Ahad, 02 Juni 2019 - 22:02:16 WIB

    Predikisi Pilkada Pasbar 2020, Ini Sejumlah Nama yang Mulai Mengapung

    Predikisi Pilkada Pasbar 2020,  Ini Sejumlah Nama yang Mulai Mengapung PASBAR,HARIANHALUAN.COM-- Politikus Partai PBB Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yasmul memprediksi Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Pasbar tahun 2020, akan diramaikan empat pasangan bakal calon bupati..
  • Ahad, 21 April 2019 - 00:44:25 WIB

    Sejumlah Provider Tak Bisa Akses Situs jurdil2019.org

    Sejumlah Provider Tak Bisa Akses Situs jurdil2019.org JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Situs jurdil2019.org tidak bisa diakses oleh sejumlah provider. Belum diketahui pasti apa penyebab situs yang berisikan hasil penghitungan suara Pilpres 2019-2024..
  • Jumat, 19 April 2019 - 01:20:13 WIB

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah lembaga survei dilaporkan ke Bareskrim Polri karena mengumumkan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019. Lembaga survei ini dipolisikan terkait dugaan tindak pidana kebohongan pub.
  • Selasa, 18 September 2018 - 01:11:36 WIB
    DOKUMEN DUKUNGAN BEREDAR

    Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi

    Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi Para kepala daerah yang menandatangani dukungan menganggap penyelenggaraan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM