Lubang Misterius di Mars Ditemukan, Dicurigai Ada Kehidupan


Jumat, 06 Maret 2020 - 10:15:54 WIB
Lubang Misterius di Mars Ditemukan, Dicurigai Ada Kehidupan Lubang Misterius di NASA Bisa Jadi Lokasi Tanda Kehidupan Foto: NASA/JPL/University of Arizona

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mars merupakan tempat yang misterius dan tidak terduga. Seperti foto yang baru saja dipamerkan oleh NASA yang memperlihatkan lubang misterius dan aneh di gunung berapi Mars.

Lubang misterius ini berada di lereng gunung api raksasa di Mars bernama Pavonis Mons. Dikutip detikINET dari Science Alert, Kamis (5/3/2020) foto ini diambil oleh Mars HiRise pada 2011 yang memperlihatkan kawah bulat dengan dinding yang sangat curam.

Setelah dilihat lebih dekat, fitur geologi ini merupakan skylight atau bukaan menuju tabung lava yang ada di bawahnya. Seiring waktu berlalu, bagian atapnya bisa saja runtuh dan menciptakan skylight.

Hasil analisis memperlihatkan bukaan ini berukuran 35 meter. Bagian atap yang telah runtuh bisa dilihat di dekat bukaan di kedalaman sekitar 28 meter.

Menggunakan model digital, peneliti berhasil menghitung volume dari material yang keluar dari fitur berbentuk corong ini. Berdasarkan kalkulasi ini, tumpukan runtuhan tersebut setidaknya memiliki tinggi 62 meter, yang artinya lubang itu sendiri memiliki kedalaman setidaknya 90 meter sebelum runtuh.

Hal ini menarik dari sudut pandang geologi karena artinya lubang ini jauh lebih besar dari sebagian besar gua yang ada di Bumi. Peneliti mengatakan gua-gua seperti ini bisa terbentuk di Mars karena aktivitas volkanik kuno.

Pavonis Mons sendiri merupakan gunung berapi perisai yang terbentuk karena aliran lava yang mendingin dan saling menumpuk satu sama lain. Gunung berapi ini jauh lebih tinggi dibanding Everest dengan ketinggian mencapai 14 km.

Tabung lava seperti ini menarik karena bisa melindungi permukaan Mars dari radiasi. Artinya lokasi ini bisa dijadikan tempat untuk membangun struktur di bawah tanah.

NASA mengatakan jika kita ingin mencari tanda kehidupan di Mars bisa dimulai dengan mencarinya di gua-gua seperti ini.

"Lubang seperti ini sangat menarik karena gua bagian dalamnya relatif terlindung dari permukaan Mars yang keras, menjadikan mereka kandidat yang relatif baik untuk menampung kehidupan Mars," tulis NASA dalam blog post-nya.

"Karena itu, lubang-lubang ini adalah target utama untuk kemungkinan dijelajahi oleh wahana luar angkasa, robot dan bahkan manusia di masa depan," sambungnya. (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM