Pengembangan Bandara Rokot akan Mulai Kontrak di Mei


Jumat, 06 Maret 2020 - 11:26:39 WIB
Pengembangan Bandara Rokot akan Mulai Kontrak di Mei Kunjungan Staf Bagian Perencanaan Setditjen Kementerian Perhubungan ke Bandara Rokot

TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan pengembangan Bandar Udara Rokot, Kecamatan Sipora Selatan,  ditargetkan terkontrak pada bulan Mei tahun ini, pasalnya persoalan lahan yang selama menjadi kendala utama, sudah dibereskan oleh pemerintah setempat. 

Hal itu diungkapkan oleh Staf Bagian Perencanaan Setditjen Kementerian Perhubungan Udara Yusuf kepada wartawan, Kamis (05/03), saat melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Mentawai melihat secara langsung bukti fisik dan dokumen pendukung lahan pembangunan. 

"Kita sudah inventarisir bukti fisik dan sejauh ini tidak ada kendala, kalau tidak ada halangan secepatnya kita mulai pembangunannya, nah kita targetkan akhir bulan Mei tahun ini sudah terkontrak proyek pembangunannya," ungkapnya.


Ia menyebutkan untuk pembangunan pengembangan bandara dilakukan secara bertahap dan diperkirakan tuntas selama kurun waktu 3 tahun, di mana tahap awal, kata Yusuf, pihaknya akan melaksanakan 3 paket proyek.

"Untuk target pembangunan multiyears dilakasanakan selama kurang lebih 3 tahun, kalau untuk anggaran tahap awal belum tahu berapa, namun yang pasti di tahap awal kita akan laksanakan tiga paket pengerjaan diantaranya adalah landasan pacu (runway) dan terminal," paparnya. 

Di tempat yang sama Staf Subag BMN Bagian Keuangan Setditjen Kementerian Perhubungan Udara Yuli Haryati meyebutkan bahwa kedatangan tim untuk menindaklanjuti surat permohonan Bupati Mentawai terkait penyerahan tanah hibah untuk pembangunan Bandara Rokot.

"Mulai Rabu hingga Jumat kita melakukan inventarisir administrasi dokumen dan fisik hibah lahan pembangunan Bandara Rokot, hal ini merupakan tindaklanjut kita terhadap surat dari Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan sejauh ini tidak ada masalah," terangnya. 

Sementara itu Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Desti Seminora menyebutkan bahwa sejauh ini tahapan pembangunan Bandara Rokot masih terus berproses. 

"Sekarang tim dari Dirjen Kementerian Perhubungan Udara sedang melakukan pengecekan fisik lahan hibah yang akan kita serahkan, yang mana lahan ini telah disertifikatkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mentawai," terangnya. 

Ia berharap proses pembangunan Bandara Rokot bisa berjalan dengan lancar, yang nantinya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor, khususnya di sektor pariwisata. 

Berdasarkan data yang dirangkum Haluan lahan yang disediakan oleh Pemkab Mentawai seluas 41,78 hektar tersebut direncanakan akan dibangun landasan pacu sepanjang 1600 Meter dan diperkirakan mampu didarati pesawat jenis ATR berkapasitas 70 penumpang. 

"Harapan kita dengan adanya kunjungan dari tim ini, maka proses pembangunan segera terealisasi agar masyarakat dapat merasakan dampak pertumbuhan ekonomi," kata Maryanto, Kepala Bandar Udara Rokot saat mendampingi rombongan. (*).

Reporter : Redi /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM