Gawat! Banyak Pengaduan ASN Berhubungan Sesama Jenis


Jumat, 06 Maret 2020 - 13:25:37 WIB
Gawat! Banyak Pengaduan ASN Berhubungan Sesama Jenis MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengakui banyak menerima laporan banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berhubungan sesama jenis. Tindakan asusila itu akan ditindak dengan tegas asalkan laporan itu harus diperkuat dengan bukti foto dan video yang mendukung.

“Intinya banyak pengaduan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait hal tersebut (ASN berhubungan sesama jenis) dan laporan itu pasti dibahas dengan Menpan RB, Kepala BKM dan instansi terkait lainnya untuk ambil keputusan,” ujar Tjahjo. 

Baca Juga : Waspada! Termasuk Sumbar, 24 Wilayah Ini Dibayangi Cuaca Ekstrem

Dia menegaskan, tindakan tersebut mempermalukan instansi. Kendati demikian, pihaknya mengaku kesulitan memberikan sanksi tegas karena belum ada regulasi yang mengatur hal ini. Apalagi, dia menambahkan, jika hanya menerima laporan tanpa disertai bukti. “Kalau hanya laporan kan sulit dibuktikan walau misalnya ada saksi mata,” katanya.

Karena itu, dia meminta pengaduan kasus tersebut dilengkapi dengan alat bukti foto atau video yang bisa dipertanggungjawabkan. “Setidaknya mencemarkan institusi kalau memakai seragam kantor misalnya. Jadi tidak katanya saja,” ujarnya. 

Baca Juga : Kasus Penggumpalan Darah Bertambah, Vaksin AstraZeneca di Indonesia Jalan Terus

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan ternyata ada juga ASN yang berhubungan sesama jenis. Tjahjo memastikan PNS tersebut akan diberikan sanksi. “Saya kemarin harus memutuskan, mohon maaf ini sekadar pengetahuan, pegawai negeri yang diusulkan oleh K/L harus diberi sanksi, karena dia berhubungan sesama jenis. Enggak ada aturannya, enggak ada undang-undangnya,” kata Tjahjo di Jakarta. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]