Direktur RSPI: Insyaallah 2 Pasien Positif Corona Sembuh


Jumat, 06 Maret 2020 - 17:24:37 WIB
Direktur RSPI: Insyaallah 2 Pasien Positif Corona Sembuh RSPI Sulianti Saroso

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril optimistis dua pasien positif virus corona (covid-19) bakal sembuh.

"Kalau dilihat dari hari pertama masuk sampai hari ke-6 tidak memburuk. Alhamdulillah indikator ini menjadi parameter bagi kita semua insyaallah kedua pasien akan sembuh," ujar Syahril di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3).

Baca Juga : Kasus Persetubuhan Anak Marak di Kota Duri

Syahril mengatakan, tingkat kesembuhan kedua pasien itu cukup tinggi karena tidak ada penyakit penyerta atau dalam istilah medis disebut sebagai komorbid.

Penyakit penyerta ini umumnya menjangkit orang-orang lanjut usia. Salah satu pasien yang berusia 64 tahun, kata Syahril, juga dalam kondisi baik.

Baca Juga : Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Tegur Sopir BST, Ini Sebabnya

"Kadang-kadang orang usia tua itu kan lebih susah tapi ini (kondisinya) alhamdulillah," katanya.

Selama menjalani perawatan, lanjut Syahril, kedua pasien dapat beraktivitas seperti biasa. Keduanya juga beberapa kali menelepon, mengirim chat WhatsApp, dan video call dengan kerabatnya.

Baca Juga : Eksepsi Kuasa Hukum Ditolak, Sidang Kasus Bom Molotov Dilanjutkan

Keduanya juga dapat makan sendiri tanpa disuapi, mengganti pakaian sendiri, dan ke kamar mandi sendiri tanpa bantuan keluarga atau pun perawat.

"Tensi, nadi, tekanan darah kemudian respirasi, suhu, semuanya juga dalam batas normal. Artinya kedua pasien ini baik dan mohon doa saja ke depan keluhannya semakin berkurang," ucap Syahril.

Baca Juga : Tabrakan Maut Pick-Up Vs Suptra X, Heri Kuswanto Tewas di TKP

Syahril menuturkan, kedua pasien juga sudah tak lagi mengalami demam. Hanya saja masih ada batuk meski intensitasnya berkurang.

"Tentu saja karena yang diserang adalah saluran nafas maka untuk batuk ini butuh waktu untuk dikeluarkan dari saluran nafasnya," kata Syahril.  (h/*)

Editor : Heldi | Sumber : CNN Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]