Bersihkan Sampah, Dinas LHPRKP Akui Kekurangan Personel dan Armada


Jumat, 06 Maret 2020 - 17:34:09 WIB
Bersihkan Sampah, Dinas LHPRKP Akui Kekurangan Personel dan Armada Kabid Kebersihan Dinas LHPRKP Pasaman, Yusrizal bersama jajaran.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DLHPRKP) Kabupaten Pasaman mengakui kekurangan sejumlah personel dan armada kebersihan untuk membersihkan sampah dan mengelola taman di daerah itu. 

Saat ini, Dinas LHPRKP Pasaman hanya memiliki 80 petugas kebersihan, tiga unit armada dumb truck, satu unit mobil tangki serta tiga unit ambro. Sementara, puluhan ton sampah harus diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah setiap harinya. 

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas LHPRKP Kabupaten Pasaman, Yusrizal mengatakan, sebanyak 24 ton lebih sampah diangkut setiap hari oleh petugas kebersihan ke TPA Labuai, Koto Tangah, Kecamatan Bonjol. "Rata rata volume sampah 20-24 ton perhari. Sampah itu berasal dari sampah rumah tangga warga Lubuksikaping. Belum termasuk sampah dari tiap kecamatan," kata Yusrizal kepada harianhaluan.com, Jumat (6/3). 

Sementara pengangkutan sampah dari tiap kecamatan tidak bisa dilakukan setiap hari, sebagaimana halnya di Lubuksikaping. Untuk menyiasatinya, pihaknya menempatkan satu unit kontainer sampah dilima titik di kecamatan. "Pengangkutan sampah di kecamatan hanya bisa dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu. Untuk di kecamatan ada lima titik kontainer sampah standby, yakni Rao, Padanggelugur, Panti, Bonjol dan Kumpulan," ujarnya. 

Untuk melakukan tugas-tugas kebersihan itu, kata dia, pihaknya masih kekurangan sejumlah personel, armada serta sarana prasarana kebersihan. Sementara beban tugas yang dihadapi lumayan berat. "Petugas kebersihan kita baru 80 orang, masih kurang. Butuh penambahan sebanyak 120 orang petugas lagi. Demikian juga dengan armada dan sarana prasana lainnya juga masih kurang," ujar mantan Kasat Pol PP ini.

Yusrizal mengimbau, warga tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai dan selokan. Tidak membakar sampah, apalagi sampah plastik. Sebab, tindakan itu dapat merusak lingkungan. "Himbauan kita ya itu saja. Jangan buang sampah sembarangan," imbuh Yusrizal. (*)

 

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 14:47:21 WIB

    BPBD Sawahlunto Kerahkan Alat Berat Bersihkan Longsor di Jalan Masuk SDN 07 Talago Gunung

    BPBD Sawahlunto Kerahkan Alat Berat Bersihkan Longsor di Jalan Masuk SDN 07 Talago Gunung SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tim penanganan Bencana Daerah Badan Kesbang Pol PBD Kota Sawahlunto, lakukan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan masuk di SDN 07 Dusun Koto Desa Talago Gunung Kecamatan Barang.
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 17:24:03 WIB

    Tinjau Longsor Pessel, Wagub Sumbar Ikut Bersihkan Rumah yang Tertimbun Tanah

    Tinjau Longsor Pessel, Wagub Sumbar Ikut Bersihkan Rumah yang Tertimbun Tanah PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengunjungi warga yang terdampak longsor di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (21/1/2020). Seka.
  • Senin, 11 Februari 2019 - 17:40:40 WIB

    Pantai Bandar Mutiara Rutin Dibersihkan

    Pantai Bandar Mutiara Rutin Dibersihkan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Komunitas peduli lingkungan dari kaum muda di Kecamatan Tanjung Mutiara (Green Bamboo) konsisten menggelar aksi peduli lingkungan. Kawasan pantai itu dibersihkan dari tumpukan sampah melibatkan beberap.
  • Rabu, 21 Februari 2018 - 10:59:36 WIB

    Bersihkan Sampah, Bupati dan ASN di Pasaman Gotong Royong

    Bersihkan Sampah, Bupati dan ASN di Pasaman Gotong Royong PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kabupaten Pasaman gelar gotong royong (Goro) serentak dalam rangka hari peduli sampah nasional (HPSN) 2018, Rabu (21/2). Seribuan ASN diterjunkan untuk membersihkan sejumlah lokasi kumuh .
  • Senin, 25 September 2017 - 17:50:44 WIB

    Pascabanjir Bandang, Polres Solsel Bantu Bersihkan Material Longsor

    Pascabanjir Bandang, Polres Solsel Bantu Bersihkan Material Longsor SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah personil jajaran Polres Solok Selatan (Solsel) kembali melakukan pembersihan bekas material lumpur akibat banjir bandang yang melanda nagari Pakan Rabaa Tengah, Koto Parik Gadang Di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM