BREAKING NEWS! Kemenkes Sebut Ada Dua Lagi WNI Positif Corona


Jumat, 06 Maret 2020 - 17:50:58 WIB
BREAKING NEWS! Kemenkes Sebut Ada Dua Lagi WNI Positif Corona ilustrasi corona

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah mengonfirmasi kasus baru penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Jumat (6/3), Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi dua lagi WNI positif virus corona. Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, ada dua lagi warga negara Indonesia yang dikonfirmasi positif terserang COVID-19.

"Kami dapatkan dua orang confront positif, yang kita sebut sebagai kasus nomor tiga dan empat," katanya di Jakarta, Jumat.

Baca Juga : Catat! Penumpang yang Berangkat Melalui Pelabuhan Wajib Tes Rapid Antigen

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan dua kasus positif COVID-19 di Indonesia. Kasus COVID-19 pertama dan kedua di Indonesia dilaporkan terjadi pada seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun di Depok. Dua warga Indonesia yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona itu kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak empat orang berasal dari kluster Jakarta diduga kuat suspect positif virus corona covid-19. Juru Bicara untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, keempat orang diduga suspect positif tersebut sudah diperiksa dan dilakukan observasi di rumah sakit.

Baca Juga : Kementerian PUPR Habiskan Rp19 Miliar untuk Pemeliharaan Jembatan Sungai Bojo

"Sudah diperiksa dan diobservasi di RS untuk 4 orang yang kami duga suspect positif," ujar Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat  (6/3).

Dia mengatakan, keempat orang tersebut adalah bagian dari 25 kontak dekat yang pernah berada dalam satu tempat dengan pasien positif Covid-19. Yurianto mengungkapkan, keempat orang itu kuat diduga positif mengidap virus corona karena mengalami gejala-gejala influenza sedang setelah kontak dengan pasien positif virus corona.

"Jadi kami memantau 25 orang kontak dekat dengan pasien positif virus corona. Mereka dalam satu perkumpulan. Diyakini sempat kontak dekat. Apalagi keempat orang itu menunjukkan tanda-tanda influenza sedang,” kata dia.

Yurianto menyebut, keempat orang tersebut kekinian masih diisolasi. Kondisinya kekinian terbilang baik, meski masih batuk dan pilek.
"Secara umum kondisinya stabil, beberapa masih ada yang batuk dan pilek. Suhu tubuhnya 37,6 derajat celcius, artinya masih demam.”

Ia berharap, hasil pemeriksaan keempat pasien diduga positif virus corona itu bisa diterbitkan pada hari Jumat sore ini. "Pemeriksaan spesimennya diharapkan terbit Jumat sore ini, bersamaan dengan pasien positif corona 1 dan 2,” tutupnya. (*)

Catatan: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Editor : Agoes Embun | Sumber : Suara.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]