Masyarakat Harapkan Masjid Agung (Baitul Ilmi) Pasbar Segera Difungsikan


Jumat, 06 Maret 2020 - 18:18:01 WIB
Masyarakat Harapkan Masjid Agung (Baitul Ilmi) Pasbar Segera Difungsikan Masjid Agung Pasbar

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-- Masjid Baitul Ilmi (Masjid Agung) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sebagai masjid megah kebanggaan Pasbar yang pembangunannya sudah dimulai sejak delapan tahun silam, sudah hampir setahun ini terlihat terbengkalai dan tidak difungsikan yang membuat masyarakat merasa agak kecewa.

Masjid ini dulunya sudah difungsikan dan dimamfaatkan untuk tempat beribadah masyarakat dan menuntut ilmu bagi anak-anak, namun entah kenapa saat ini kalau kita masuk ke dalamnya akan terlihat lantai tanpa tikar, bahkan terlihat lantai bercampur debu dan sampah berserakan di dalam Masjid tersebut.

Padahal, setelah dibangun beberapa tahun silam, Masjid sudah dapat dimanfaatkan, namun aneh, hanya karena dalam perbaikan, kini Masjid tersebut tak bisa difungsikan secara maksimal, bahkan air untuk berwuduk pun tak ada. 

Terkait hal tersebut, Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) Pasbar, yang dikomandoi Yuheldi Nasution, SH. serta didukung oleh sejumlah (ormas) Organisasi masyarakat lainnya, menyurati Pemerintah Daerah Kabupaten Pasbar agar segera memfungsikan lagi tempat ibadah tersebut.

Menurut Yuheldi, dulunya masjid kebanggaan masyarakat Pasbar ini memang sudah dimamfaatkan, namun  dalam perawatan yang sudah berjalan lebih kurang enam bulan belakangan ini, Masjid Agung Baitul Ilmi tersebut  tidak berfungsi, hingga membuat aktifitas beribadah terhambat, bahkan air untuk tempat berwuduk pun tidak ada.

“Terbengkalainya Pembangunan Masjid Agung membuat aktifitas masyarakat yang ingin beribadah di Masjid terkendala, bahkan sudah hampir enam bulan Masjid tersebut tak dapat digunakana oleh masyarakat untuk beribadah, jangankan untuk Sholat Jum’at, Sholat Wajib lima waktu dan kegiatan lainnya juga tak bisa dilaksanakan di Masjid tersebut” ungkap Yuheldi Nasution SH, pada media, Jumat (6/3) di Simpang Empat.

Yuheldi menambahkan, seharusnya Pemkab Pasbar mengambil langkah-langkah atau solusi agar tempat ibadah tersebut dapat di manfaatkan oleh masyarakat, meskipun dalam tahap perbaikan.

"Semoga ini segera menjadi perharian pemerintah daerah dan instansi terkait, sehingga diharapkan dapat dipergunakan dengan semestinya dan tidak ada lagi masyarakat dan musyafir yang merasa kecewa karena tidak bisa  beribadah di masjid kebanggaan masyarakat Pasbar ini,"harap Yuheldi mengakhiri. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM