Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman


Jumat, 06 Maret 2020 - 19:19:57 WIB
Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman KETUA Baznas Pasaman, Habibullah menyalami Bupati Yusuf Lubis usai dilantik. YUDI LUBIS

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah, S.Ag, MH, akhirnya dilantik sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sisa masa jabatan 2016-2021.

Ia dilantik oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis untuk menggantikan posisi pimpinan Baznas usai ditinggalkan oleh Ketua Baznas sebelumnya, Syafrizal, yang mengundurkan diri pada 3 Februari 2020 lalu.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis berharap, pelantikan pimpinan baru tersebut dapat meningkatkan kinerja Baznas ke depan, menjalankan tugas pokonya sebagai lembaga pengumpul dan atau pendistribusi dana zakat.

"Pesan saya pula, Baznas harus bisa mendayagunakan zakat sesuai ketentuan yang diatur oleh agama kita (Islam). Ini penting, guna mewujudkan masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya," ucap Yusuf Lubis.

Dikatakan, amanah yang dipercayakan dipundak pengurus baru itu harus dijalankan dengan baik dan benar. Ia pun tidak segan untuk mencopot posisi pimpinan Baznas tersebut, jika terbukti bersalah dan bekerja diluar ketentuan.

"Ada dua poin penting yang harus di laksanakan oleh pengurus Baznas. Pertana, kepercayaan ini jangan disia-siakan. Laksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Kedua, kelola dana umat ini dengan baik. Tidak disalah gunakan," ujarnya.

Sementara, Ketua Baznas Pasaman, Habibullah menyebutkan, kepercayaan yang diberikan kepadanya selaku nakhoda baru di Baznas itu merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus di laksanakan sesuai dengan ketentuan hukum negara dan hukum agama.

"Insya Allah, kedepan, kami akan coba perbaiki semuanya, terhadap apa yang kurang selama ini. Dan semua program yang sudah baik, akan tetap kami lanjutkan," tukas Habibullah.

Disamping itu, Habibullah berjanji, akan meningkatkan sektor penerimaan zakat dari sumber lain. Selama ini sumber penerimaan dana zakat terbesar berasal dari zakat ASN di lingkup Pemkab Pasaman.

"Sumber lain, selain zakat ASN masih minim. Untuk itu, kita akan mencoba merambah hingga ke nagari, TNI/Polri, bahkan tidak tertutup kemungkinan merambah hingga ke anggota legislatif," ujarnya.

Adapun tiga pimpinan Baznas Pasaman yang dilantik, yaitu H. Habibullah S.Ag.MH, selaku Ketua, Drs, H Zulkarnaini, M.Pd selaku Wakil Ketua I, bidang pengumpulan, Administrasi dan SDM. Berikutnya, Martias Datuk Rangkayo Basa, Wakil Ketua II, bidang pendistribusian dan pendayagunaan. (h/*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM