Niat Nyari Emas, Tujuh Warga Pasaman Ini Malah Tersesat  di Hutan


Jumat, 06 Maret 2020 - 20:12:06 WIB
Niat Nyari Emas, Tujuh Warga Pasaman Ini Malah Tersesat  di Hutan Tim SAR gabungan berhasil menemukan para korban hilang ditengah hutan Gunung Kulabu, Kecamatan Duokoto dalam kondisi lemas.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tujuh warga Pasaman yang sempat hilang di hutan belantara Gunung Kulabu, di Simpang Duku, Jorong Kelabu, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto, sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Mereka ditemukan tim SAR gabungan TNI/Polri serta masyarakat setempat ditengah hutan dalam kondisi lemas karena kehabisan perbekalan, Jumat (6/3) sekitar pukul 11.50 WIB. Bahkan, salah satu dari korban dalam kondisi cidera.

Koordinator Pos Basarnas Pasaman,  Zulfahmi mengatakan, bahwa tujuan awal ketujuh warga tersebut untuk mencari lokasi tambang emas, di hulu sungai Batang Saman. Rencana mereka, pergi pagi pulang sore. Namun, nahas mereka malah tersesat di dalam hutan.

"Para korban ditemukan dikoordinat, 00° 21' 53" LU - 99° 53' 50" BT masih disekitar hulu Hulu Sungai Batang Saman. Jaraknya, sekitar 15 KM garis lurus dari pintu hutan," katanya.

Seluruh korban, kata dia, sudah dievakuasi dan mendapatkan pengecekan kesehatan dari tenaga medis di Puskesmas Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto, sebelum diserahkan ke pihak keluarga.

"Para korban dievakuasi tim SAR gabungan ke Jorong Air Dingin, Nagari Simpang Tonang," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (4/3) pagi, ketujuh orang warga tersebut berencana menyurvei lokasi tambang emas disekitar hulu sungai Batang Saman. Seperti diketahui, bahwa wilayah Duokoto sangat terkenal dengan sumber emasnya yang melimpah.

Posisi ketujuh korban bisa dilacak oleh tim SAR, setelah salah satu korban menghubungi keluarganya di kampung menggunakan telepon selular. Selanjutnya tim pun melacak titik koordinat sebelum memulai pencarian.

"Pada Jumat pagi, mereka menghubungi salah satu keluarga korban menggunakan HP dan mengatakan satu orang teman mereka cidera dan mereka tidak mengetahui  posisi nya, tetapi mengatakan di sungai," ujarnya.

Dari ketujuh korban, tiga diantaranya merupakan warga Simpang Duku, Jorong Kelabu, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto dan empat korban lainnya warga Bonjol, berikut data korban.

"Tiga korban adalah warga Duokoto, yaktu Eliwasman (57), Hariyanto (55) dan Ramlan (38). Sisanya, warga Bonjol, yaitu Markulin (65), Yulhendri (28), Basri (48) dan Danil (48)," katanya. (h/*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 22:05:30 WIB

    Niat Memeras, Polisi Gadungan di Solsel Ini Ancam Sebarkan Video Syur Sang Pacar

    Niat Memeras, Polisi Gadungan di Solsel Ini Ancam Sebarkan Video Syur Sang Pacar SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Seorang lelaki diamankan oleh jajaran Polres Solok Selatan lantaran sudah menipu sang pacar dengan mengancam akan menyebarkan foto dan video syur saat mereka video call. Selain itu, tersangk.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 01:31:07 WIB

    Berniat Tularkan Virus, Pria Jepang Positif Corona Tewas!

    Berniat Tularkan Virus, Pria Jepang Positif Corona Tewas! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Seorang pria Jepang yang disebut ingin menyebarkan virus corona saat datang ke bar khusus warga Filipina awal bulan lalu dilaporkan meninggal di rumah sakit akibat Covid-19..
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 22:58:11 WIB

    Niat Cari Pacar, Pria Ini Lakukan Masturbasi di Tempat Umum

    Niat Cari Pacar, Pria Ini Lakukan Masturbasi di Tempat Umum PRABUMULIH, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria berinsial SD (26) warga Kelurahan Muara, Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), diamankan Satreskrim Polres Prabumulih setelah video masturbasi di tempat umumnya viral di media s.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 10:18:26 WIB

    Tragis..! Niat Beri Kejutan Ultah, 2 Remaja Ini Malah Tewas Tenggelam

    Tragis..! Niat Beri Kejutan Ultah, 2 Remaja Ini Malah Tewas Tenggelam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Apa jadinya jika ingin merayakan momen bahagia teman tapi justru harus berakhir dengan tragis. Tentu akan sangat menyakitkan sekaligus menyedihkan..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 12:45:12 WIB
    Empat Tersangka Ditangkap, Ada Seorang Perempuan

    Mengerikan! Karena Cekcok, Empat Orang Ini Berniat Membunuh

    Mengerikan! Karena Cekcok, Empat Orang Ini Berniat Membunuh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Personel dari Direktorat Reserse Kriminal dan Umum (Ditreskrimum) Polda Sumbar mengamankan empat tersangka percobaan pembunuhan di Lubuk Basung, Kabupaten Agam pada 6 Januari 2020 lalu. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM