Pasien Positif Virus Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang


Jumat, 06 Maret 2020 - 21:03:51 WIB
Pasien Positif Virus Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua warga negara Indonesia (WNI) kembali dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19). Total saat ini ada empat orang yang berstatus sama. Keempatnya masih dirawat di ruangan khusus Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Juru Bicara Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto mengatakan, kedua orang itu diduga tertular korona setelah melakukan kontak jarak dekat dengan pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19.

Pada 1 Maret lalu, dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif korona. Keduanya ibu dan anaknya yang berusia 31 tahun. Pasien pertama diduga tertular korona usai bertemu dengan temannya di sebuah tempat di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Yurianto, pemerintah telah menelurusi terhadap orang yang diduga melakukan interaksi dengan pasien Covid-19 pertama di tempat dansa. Diperkirakan ada sekitar 80 orang di lokasi saat itu dengan pasien pertama. Setelah ditelusuri lagi, jumlah tersebut bisa dikerucutkan menjadi 20 orang.

"Dari 20 orang ini pendalaman lagi sedekat apa kontaknya. Oleh Dinkes DKI bisa dikerucutkan lagi menjadi 7 orang. 7 orang ini kita bawa semuanya ke RSPI Sulianti Saroso," kata Yurianto saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, ketujuh orang ini disebut memiliki gejala yang mengarah pada influenza. Namun tingkatannya ringan dan sedang saja. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dua orang dikonfirmasi positif virus korona.

"Dari 7 orang ini kita dapatkan 2 orang confirm positif yang kita sebut kasus 3 dan 4," jelas Yuri.

Saat ini, kondisi fisik 2 orang positif korona itu masih demam dan batuk pilek. Saat ini keduanya sudah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso. Dengan demikian, saat ini di Indonesia sudah ada 4 orang yang dinyatakan positif virus korona.

"Kondisi kasus 3 dan 4 dapat laporan terakhir, suhu badannya masih sekitar 37,6 satu lagi 37,7 lah kurang lebih masih ada keluhan batuk, pilek tapi ada keluhan sesak nafas sehingga kita berharap kondisi ini bisa kita intervensi agar dalam waktu dekat bisa jadi lebih baik," jelas Yurianto.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 09:15:28 WIB

    Dirahasiakan, 9 Lokasi Pemakaman Pasien Corona di Jatim

    Dirahasiakan, 9 Lokasi Pemakaman Pasien Corona di Jatim SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Perum Perhutani telah menyiapkan sembilan lahan yang bakal digunakan sebagai pemakaman pasien virus corona (Covid-19). Namun lokasi lahan pemakaman itu dirahasia.
  • Rabu, 08 April 2020 - 08:57:32 WIB

    Waduh! Di Jambi, Pasien Positif Virus Corona Diizinkan Pulang ke Rumah

    Waduh! Di Jambi, Pasien Positif Virus Corona Diizinkan Pulang ke Rumah JAMBI, HARIANHALUAN.COM - DPRD Provinsi Jambi mengecam tindakan ceroboh RSUD Raden Mattaher yang mengijinkan pasien positif 01 dari Kabupaten Tebo pulang dijemput keluarganya dalam keadaan belum sembuh dan masih menjalani pro.
  • Rabu, 08 April 2020 - 08:53:19 WIB

    Tenaga Medis Gugur Gara-gara Pasien Corona Tak Jujur

    Tenaga Medis Gugur Gara-gara Pasien Corona Tak Jujur MAKASSAR, HARIANHALUAN - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengungkapkan ketidakjujuran pasien terkait virus Corona. Sikap tidak terbuka tersebut berimbas pada penularan bahkan berujung maut kepada tenaga medis sebagai garda terd.
  • Selasa, 07 April 2020 - 09:20:33 WIB

    Pasien Non Corona Bisa Tulari Dokter, Pemerintah: Semua Harus Waspada

    Pasien Non Corona Bisa Tulari Dokter, Pemerintah: Semua Harus Waspada JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah meminta semua pihak waspada terkait risiko penularan virus Corona. Hal itu menyikapi pernyataan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo terkait dokter gigi hingg.
  • Selasa, 07 April 2020 - 07:57:35 WIB

    4 Ribu Pasien Corona di New York Dirawat dengan Obat Anti-Malaria

    4 Ribu Pasien Corona di New York Dirawat dengan Obat Anti-Malaria JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pejabat kesehatan Amerika Serikat mengatakan, sebanyak 4.000 pasien virus corona di negara tersebut dirawat dengan obat anti-malaria itu. Obat ini diberikan untuk merawat pasien yang kondisinya .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM