Kriteria Orang yang Perlu Melakukan Pemeriksaan Covid-19


Jumat, 06 Maret 2020 - 21:07:24 WIB
Kriteria Orang yang Perlu Melakukan Pemeriksaan Covid-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Konfirmasi dua kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia menimbulkan kepanikan di masyarakat. Banyak orang berbondong-bondong mengunjungi rumah sakit rujukan untuk diperiksa atau screening terkait corona.

Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia menyatakan, tidak semua orang dengan gejala batuk dan pilek harus di-screening virus corona.

"Sudah beberapa hari ini rumah sakit rujukan seperti pasar malam. Banyak sekali orang minta di-screening, ini berlebihan. Tidak semua orang dengan infeksi saluran napas terserang Covid-19. Ada beberapa kriteria," kata anggota Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19, ahli paru Erlina Burhan dalam konferensi pers di kantor IDI, Jakarta, Kamis (5/3).

Erlina menjelaskan beberapa kriteria orang yang perlu untuk melakukan pemeriksaan virus corona.

Pertama adalah orang yang memiliki gejala demam dan batuk disertai dengan riwayat kembali dari daerah terjangkit China, negara yang menjadi lokasi virus corona pertama kali muncul.

Ke dua adalah orang yang memiliki gejala demam dan batuk disertai dengan riwayat kembali dari daerah yang terjangkit seperti Korea Selatan, Iran, Italia, Jepang, dan Singapura.

Ke tiga adalah orang yang memiliki gejala demam dan batuk disertai dengan pernah kontak erat atau kurang dari dua meter dengan pasien yang sudah positif Covid-19.

Selain demam dan batuk, gejala Covid-19 meliputi sesak napas dan kesulitan bernapas yang dapat muncul 2-14 hari setelah paparan pada virus.

Orang yang memenuhi kriteria tersebut dapat mengunjungi pelayanan kesehatan, rumah sakit rujukan, atau menghubungi hotline corona Indonesia di 021-5210411 atau 081212123119.

Erlina menjelaskan, orang tersebut akan mengikuti serangkaian pemeriksaan dan tes laboratorium untuk membuktikan infeksi virus corona.

Sedangkan bagi orang dengan batuk dan pilek saja, Erlina menyarankan untuk mengunjungi pelayanan kesehatan masyarakat seperti puskesmas, klinik, praktik dokter, atau rumah sakit.

"Jika hanya demam, batuk, pilek tapi tidak punya riwayat ke daerah terjangkit dan tidak kontak dengan pasien corona, maka tidak perlu screening corona. Hanya infeksi saluran napas biasa ke layanan kesehatan saja," tutur Erlina.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 14:57:32 WIB

    Ini 3 Kriteria Baru AS untuk Negara Berkembang

    Ini 3 Kriteria Baru AS untuk Negara Berkembang JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- US Trade Representative (USTR) memperketat kriteria negara berkembang yang berhak mendapatkan pengecualian de minimis dan negligible import volumes untuk pengenaan tarif anti-subsidi atau counterv.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 13:06:38 WIB

    Indonesia Bangun RS Khusus Virus Menular di Pulau Kosong, Ini Kriterianya

    Indonesia Bangun RS Khusus Virus Menular di Pulau Kosong, Ini Kriterianya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menko Polhukam Mahfud Md menyebutkan kriteria khusus untuk rumah sakit khusus menangani virus-virus menular. Salah satunya akses yang dekat dengan landasan pangkalan militer dan dekat dengan banda.
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 10:59:45 WIB

    Ini Kriteria Penumpang dari China yang Diwaspadai Terkait Corona

    Ini Kriteria Penumpang dari China yang Diwaspadai Terkait Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bambang Wibowo mengatakan, sejauh ini di Indonesia masih belum memiliki satu pun suspect positif virus corona..
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 13:13:04 WIB

    Siapkan Dirimu! Damri Buka Lowongan Kerja, Ini Kriterianya

    Siapkan Dirimu! Damri Buka Lowongan Kerja, Ini Kriterianya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perusahaan Umum (Perum) Damri sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi pengemudi dan mekanik. Bagi Anda yang memiliki pengalaman mengemudikan kendaraan besar seperti bus dan juga pengalama.
  • Senin, 17 Juni 2019 - 12:53:31 WIB

    Pendaftaran Capim KPK Dibuka, Koalisi Antikorupsi Bikin 9 Kriteria Ideal

    Pendaftaran Capim KPK Dibuka, Koalisi Antikorupsi Bikin 9 Kriteria Ideal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi membuat daftar kriteria ideal bagi calon pimpinan (capim) KPK. Ada 9 kriteria yang menurut koalisi harus dipenuhi para pendaftar capim KPK itu. Apa saja?.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM