5 Risiko Mengerikan Bila Kamu Malas Mengganti Seprai


Jumat, 06 Maret 2020 - 21:27:26 WIB
5 Risiko Mengerikan Bila Kamu Malas Mengganti Seprai Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seberapa sering kamu mengganti seprai tempat tidur dalam satu bulan? Hal seperti mengganti seprai sangat sering diabaikan oleh beberapa orang.

Padahal dengan rutin mengganti seprai dapat mencegah kita terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh sel kulit mati yang berada di seprai. Sel kulit mati tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri, jamur dan kutu di seprai.

1. Jerawat
Tidur dengan make-up adalah hal yang sangat tidak disarankan karena make-up akan menempel pada seprai dan dapat mengakibatkan dampak buruk pada wajah kamu.

Dampak buruk yang dapat terjadi seperti tanda-tanda penuaan, inflamasi, dan infeksi pada kulit.

2. Iritasi kulit dan ruam
Selain memicu jamur dan kutu, seprai kotor juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini disebabkan oleh sisa-sisa produk yang kita kenakan akan menempel di seprai dan memicu gejala-gejala iritasi dan ruam.

Risiko ini akan semakin besar bila kita memiliki bakat alergi.

3. Infeksi jamur atau bakteri
Seprai yang kotor adalah tempat bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Konsekuensinya, kita yang tidur di atasnya bisa mengalami infeksi di kulit.

4. Kutu busuk
Saat tidur, pernahkah kamu merasa gatal-gatal? apalagi tidur di kasur yang seprainya tidak diganti.

Kemungkinan besar hal ini adalah ulah kutu busuk yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Mereka bisa berkembang biak dengan cepat di seprai kasur yang kotor.

5. Alergi
Jika kamu memiliki alergi, maka bakteri dan jamur yang ada pada seprai kotor dapat memperburuk alergimu.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengganti seprai tempat tidur kamu seminggu sekali. Meskipun sering dianggap sepele, tapi malas mengganti seprai dapat membahayakan kesehatanmu.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 22:44:11 WIB

    5 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Wajah, Hati-hati Lho!

    5 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Wajah, Hati-hati Lho! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Saat melakukan perawatan wajah, baik itu di rumah maupun di klinik atau salon kecantikan, pastinya kita mengharapkan hasil yang maksimal, bukan? Namun, apa jadinya ya, kalau kita terlalu sering me.
  • Rabu, 01 April 2020 - 12:59:22 WIB

    5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian

    5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengelola uang dengan baik seringkali sulit diterapkan. Namun itu akan menjadi mudah ketika kamu mulai melakukannya dan terbiasa..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 13:03:45 WIB

    5 Tips Meredam Stres dan Panik di Tengah Pandemi Corona Covid-19

    5 Tips Meredam Stres dan Panik di Tengah Pandemi Corona Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona Covid-19 menyerang seluruh dunia. Setiap hari, berita munculknya kasus baru hingga jumlah korban meninggal terpampang di layar kaca hingga smartphone..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 12:31:12 WIB

    5 Pilihan Meditasi Daring, Tenang Sejenak dari Wabah Covid-19

    5 Pilihan Meditasi Daring, Tenang Sejenak dari Wabah Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Informasi mengenai Covid-19 hadir tak kenal waktu, pagi hingga malam tak henti-henti. Wajar bila mendadak timbul rasa cemas berlebih dalam diri Anda..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 22:33:52 WIB

    5 Trik Sulap Mi Instan Jadi Lebih Nikmat

    5 Trik Sulap Mi Instan Jadi Lebih Nikmat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mi instan adalah jenis pangan yang akrab di pelbagai kalangan. Adonan dari tepung ini kadang jadi kawan kala Anda butuh ngemil, apalagi di tengah hujan. Atau juga, mi instan kerap jadi pilihan saat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM