Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Cegah Karhutla di Pesisir Selatan


Jumat, 06 Maret 2020 - 22:29:09 WIB
Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Cegah Karhutla di Pesisir Selatan Bupati Hendrajoni saat menggelar apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di pelataran parkir Carocok Painan. HUMAS

PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menyebutkan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di daerah itu mesti mengutamakan pencegahan dari pada pemadaman.

"Saya berharap, paradigma penanganan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya di Pessel lebih mengutamakan pencegahan," ujarnya saat menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya, di pelataran parkir Pantai Carocok Painan, Jumat (6/3).

Baca Juga : Mayat Membusuk, NTT Butuh Penanggulang Penyakit

Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan jika sudah terjadi bakal menimbulkan bencana serius bagi masyarakat sekitar. Bahkan, asapnya bisa menjadi pemicu penyakit bagi daerah.

"Apalagi untuk penaganannya, dibutuhkan peralatan lengkap dan tenaga ekstra. Saya berharap, mari sama-sama melakukan antisipasi sebelum terjadinya kebakaran," ucapnya.

Baca Juga : Paket Sembako Dibagikan Lanal Ranai untuk Warga Teluk Buton

Ia mengajak, semua pihak bergandengan tangan untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Tujuannya, agar bencana tidak mudah datang di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

"Jika terlihat titik api, tolong segera dipadamkan terlebih dahulu. Jangan menunggu petugas datang," tuturnya penuh berharap.

Baca Juga : Asap Hitam Pabrik Milik BIM Diduga Cemari Udara

Selain itu, Bupati Hendrajoni juga menegaskan larangan membakar hutan jika ingin membersihkan lahan. Sebab, membakar sampah atau membuat api di lahan perkebunan adalah hal yang sangat dilarang dalam aturan.

"Kembali saya ingatkan, tolong jaga hutan dan lahan. Jangan di bakar. Aaplagi membuang puntung rokok sembarangan. Bisa bahaya itu," ucapnya.

Baca Juga : Tayang Perdana dan Bedah Film Mimpi Anak Sakai Digelar di Kampus UMRI

Apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam pagi itu, turut dihadiri Sekda Pessel Erizon, Ketua DPRD Ermizen, Forkopimda dan kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Pessel. (*)

Reporter : OKIS MARDIANSYAH | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]