PMI Dharmasraya Terus Berjuang Tingkatkan Pendonor Darah


Jumat, 06 Maret 2020 - 23:37:15 WIB
PMI Dharmasraya Terus Berjuang Tingkatkan Pendonor Darah  Salah seorang pendonor sedang menyumbangkan darahnya di kelompok pendonor yang didatangi oleh PMI Dharmasraya. MARYADI

DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Dharmasraya, nyaris setiap hari kekurangan kantong darah. Di berbagai group WA Dharmasraya  selalu ada warga yang dirawat di RSUD Sungai Dareh, minta bantuan darah.

Ketua PMI Dharmasraya, H Syahrul Furqan, SKM, kepada Harianhaluan.com, mengakui hal itu, namun ia terus berusaha memenuhi permintaan masyarakat melalui PMI, berbagai upaya terus di lakukan PMI untuk mendapatkan darah. Misalnya saja kata Anggota DPRD Provinsi Sumbar ini, ada kelompok kelompok pendonor di kecamatan, yang selalu dikunjungi oleh PMI.

Alhamdulillah katanya, PMI Dharmasraya saat ini sudah punya mobil guna jemput bola untuk mendapatkan darah, namun belum dapat sepenuhnya memenuhi permintaan masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah.

Ada beberapa kendala yang selama ini dirasakan oleh PMI, karena PMI Dharmasraya strukturnya masih melekat di RSUD Sungai Dareh, seharusnya struktur PMI sudah berdiri sendiri, dengan berdiri sendiri maka tenaga dan anggaran juga berdiri sendiri."Alhamdulillah tahun ini dapat anggaran Rp 50 juta, empat tahun belakang, PMI tidak punya anggaran,"tutur kader PAN ini.

Namun demikian, meski dengan keterbatasan, ia terus berjalan memberdayakan kelompok kelompok pendonor. Kedepan, dengan PMI berdiri sendiri, banyak program yang dapat dilaksanakan, seperti membuka conter atau mobil yang standby setiap harinya di tempat tempat keramaian atau di ibukota kabupaten."Siapa yang donor, dikasih kupon nasi satu bungkus," tukuknya. Hal ini sebagai bentuk ucapan terimakasih dan motivasi saja.(*)

Reporter : MARYADI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Februari 2020 - 23:18:07 WIB

    PMI Sumbar Kekurangan 1.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Ayo Donor!

    PMI Sumbar Kekurangan 1.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Ayo Donor! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar mengalami kekurangan stok 1.000 kantong darah per bulan. Akibatnya persediaan yang ada saat ini tidak mampu memenuhi kebutuhan tiap bulannya. Salah satu faktor p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM