Pekan Depan, 438 Ribu Ton Gula Mentah akan Masuk Indonesia


Sabtu, 07 Maret 2020 - 06:46:11 WIB
Pekan Depan, 438 Ribu Ton Gula Mentah akan Masuk Indonesia Mendag Agus Suparmanto realisasi impor gula kristal mentah sebanyak 438 ribu ton akan masuk Indonesia pekan depan. Ilustrasi.(Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan realisasi impor gula kristal mentah (GKM) sebanyak 438,8 ribu ton akan masuk ke Indonesia pada pekan depan. Langkah ini guna mencukupi kebutuhan gula masyarakat jelang Ramadan yang jatuh pada akhir April 2020. 

"Mungkin minggu depan sudah keluar semua. Lagipula yang kemarin-kemarin kan sudah keluar," ungkap Agus, dikutip dari CNN, Sabtu (7/3/2020)

Agus mengatakan realisasi impor bisa dilakukan lantaran kementeriannya sudah mengeluarkan persetujuan impor beberapa waktu lalu. Kementerian memperkirakan volume impor itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai Mei 2020. 

Kementerian Perdagangan memberikan izin impor ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Sayangnya, belum ada data rinci berapa alokasi kuota impor yang didapat masing-masing perusahaan.

Di sisi lain, Agus mengatakan pemerintah masih mempertimbangkan kebijakan penambahan kuota impor gula. Pasalnya, harga gula tengah meningkat di masyarakat. 

"Karena musim panen belum ada, nanti sekitar Juni (baru berlangsung), sekarang ini (impor untuk) kebutuhan sebelum Juni saja," terangnya. 

Kendati begitu, Agus belum bisa membagi proyeksi kuota impor gula tambahan. "Ya nanti kami putuskan minggu depan," katanya. 

Sementara Perum Bulog yang menjadi salah satu pengimpor gula mentah menyatakan realisasi impor akan dilangsungkan paling lambat sebelump puasa Ramadan yang jatuh pada akhir April 2020. Saat ini, perusahaan pelat merah itu masih memproses tahapan lelang kepada negara asal.

"Kami akan langsung umumkan (untuk lelang). Kami dapat (kuota) 29.750 ton. Paling dekat (akan impor) dari Thailand, Australia, atau India," kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog Bachtiar. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 19:09:12 WIB

    Imbas Corona, Matahari Tutup Seluruh Gerai Selama 2 Pekan

    Imbas Corona, Matahari Tutup Seluruh Gerai Selama 2 Pekan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup seluruh gerainya di Indonesia selama 14 hari mulai Senin (30/3) karena wabah virus corona. Ini artinya, penutupan akan berlangsung sampai Senin.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 17:37:38 WIB

    Harga Naik Imbas Corona, 8 Ton Bawang Putih Digelontorkan ke TTIC Pekan Depan

    Harga Naik Imbas Corona, 8 Ton Bawang Putih Digelontorkan ke TTIC Pekan Depan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Pangan setempat melakukan jemput bola untuk melakukan Operasi Pasar (OP) bawang putih di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Jalan By Pass Aie Pacah, Kota Pad.
  • Senin, 10 Februari 2020 - 14:41:22 WIB

    Produk UKM Kota Pariaman Laris Manis di Iven Pekanbaru Bandaraya Melayu

    Produk UKM Kota Pariaman Laris Manis di Iven Pekanbaru Bandaraya Melayu PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Produk unggulan UKM Kota Pariaman yang tampil pada iven Pekanbaru Bandaraya Melayu, Trade, Tourism and investment 2020, di Mall Pekanbaru, lumayan laris manis. Banyak pengunjung yang datang meliha.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 08:14:06 WIB

    Awal Pekan, IHSG Siap Melaju Menguat

    Awal Pekan, IHSG Siap Melaju Menguat EKBIS, HARIANHALUAN.COM -- Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini bakal melanjutkan penguatan setelah penutupan Jumat pekan kemarin menguat 0,09 persen di level 6.291..
  • Senin, 23 Desember 2019 - 09:57:47 WIB

    Masuk Awal Pekan, Rupiah Berpotensi Menguat di Level Rp13.900

    Masuk Awal Pekan, Rupiah Berpotensi Menguat di Level Rp13.900 EKONOMI, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan rupiah pada awal pekan ini masih bisa bertahan di level Rp13.900..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM