DLH Akui Pantai Muaro Gunung Padang dan Muaro Lasak Rawan Tumpukan Sampah


Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:03:57 WIB
DLH Akui Pantai Muaro Gunung Padang dan Muaro Lasak Rawan Tumpukan Sampah Terlihat sampah berserakan di Pantai Padang. Foto/instagram Marie Fe.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Video pendek yang bersumber dari pasangan traveler kenamaan Jake Snow dan Marie Fe yang viral di media sosial sejak beberapa hari lalu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang geram. Betapa tidak, video berdurasi 0,30 detik itu mengangkat potret sampah di Pantai Padang, Kota Padang.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Marie Fe @marifeandjacksnow, terlihat Marie Fe berjalan santai di atas pasir pantai dengan pemandangan sunset yang indah, namun di tepi pantai terlihat ada banyak sampah plastik berserakan. Mirisnya 'Pantai Sampah' tersebut, tak lain adalah Pantai Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Namun, Kepala DLH Kota Padang, Mairizon membantah asumsi tersebut. Menurut dia, sampah yang sampai di Pantai Padang berasal dari hulu dan terkumpul di Palung 2 di sekitar Pantai Padang. Hal ini terjadi pada saat curah hujan tinggi dan pasang.

Mairizon menegaskan bahwa sampah yang saat ini ada di Pantai Padang bukan sampah baru melainkan akumulasi dari tahun-tahun yang lalu atau puluhan tahun.

"Bisa kita buktikan plastik yang terkumpul telah hancur (plastik butuh waktu yang lama untuk hancur)," kata Mairizon saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (6/3/2020).

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian mengatakan, Pemerintah Kota Padang menerima kritikan dari wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata yang ada di Kota Padang.

"Pemerintah menerima kritikan dari masyarakat di obyek wisata karena hal tersebut membuat kita bekerja lebih keras lagi," tutur Arfian.

Lebih lanjut, Arfian menjelaskan, bahwa sampah yang berada di obyek wisata di Kota Padang merupakan tanggung-jawab Dinas Pariwisata Kota Padang.

Dalam video pendek itu, Marie Fe berharap agar sampah-sampah di Pantai Padang segera dibersihkan sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dengan nyaman. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM