Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung


Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:06:46 WIB
Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung Kepala DLH Kota Padang, Mairizon. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mencarikan jalan keluarnya. Solusi jangka pendek, pada tahun ini menganggarkan 1 lokasi kubus apung yang berfungsi untuk menjebak agar sampah tidak semuanya sampai ke hilir.

Seharusnya untuk Batang Arau minimal 5 jebakan Kubus Apung namun anggaran tidak tersedia.

"Untuk jangka panjang kita harus menyadarkan masyarakat agar tdk membuang sampah ke sungai. Kita lakukan sosialisasi tapi untuk mengubah perilaku masyarakat butuh waktu yang lama," kata Kepala DLH Kota Padang, Mairizon saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (6/3/2020).

Jika dilihat secara tupoksinya, tambah Mairizon, wilayah pantai atau wisata merupakan kewenangan Dinas Pariwisata, DLH bersama PUPR melakukan pembersihan. Sehingga saat membersihkan tumpukan sampah ini terdapat pada dua lokasi, yakni didepan LP muaro dan Muaro Lasak.

"Saat rapat dgn Asisten 2, Pariwisata, PU saya sarankan kita membeli alat untuk membersihkan sampah di Pantai Padang," ulas Mairizon.

Lebih lanjut, kata Mairizon, berdasarkan hasil audit BPK terhadap kinerja DLH tahun 2018 dan semester 1 2019, pihaknya harus melakukan perbaikan pengelolaan persampahan di kota Padang.

Item yang harus di perbaiki di antaranya, TPA harus Sanitari Landfill, penyediaan sarana dan prasarana (mobil, bentor, kontainer), serta sosialisasi diantaranya dengan membuat spanduk di sepanjang sungai.

"Alhamdulillah dari rapat dengan Bappeda telah di sepakati kita akan menindaklanjuti temuan ini dengan anggaran Rp100 miliar tahun 2021," imbuh Mairizon. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]