Masak Yuk! Soto Betawi dan Gabus Pucung Pas untuk Akhir Pekan


Sabtu, 07 Maret 2020 - 09:32:51 WIB
Masak Yuk! Soto Betawi dan Gabus Pucung Pas untuk Akhir Pekan Ilustrasi/detik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Warga Betawi di Jakarta punya soto daging berkuah gurih yang sedap. Ada juga semur daging dan gabus pucung yang pekat bumbunya. Mantap betul!

Meskipun banyak makanan enak di Jakarta, makanan khas Betawi tetap enak disantap kapan saja. Seperti soto Betawi yang bersisi daging dan jeroan sapi dengan kuah santan dan susu yang gurih. Enak dinikmati dengan taburi emping dan kucuran air jeruk limau.

Dengan pengaruh kuliner Belanda, daging sapi diolah menjadi semur yang pekat bumbunya. Selain kecap manis juga dipakai cengkih, pala dan kemiri. Manis-manis gurih yang bikin nagih.

Kalau mau yang langka, ada gabus pucung. Ikan gabus segar yang dimasak dengan pucung alias keluwak. Meski kuahnya hitam pekat tetapi rasa gurih sedikit asamnya yang unik akan menggoyang lidah karena lezatnya.

Meskipun bisa dibeli di warung atau restoran Betawi, masakan Betawi paling memuaskan dibuat sendiri. Rekomendasi resep-resep detikfood ini bisa jadi inspirasi membuat makanan spesial di akhir pekan.


1. Soto Betawi

Berbeda dengan soto di daerah Jawa Tengah yang berkuah bening, soto Betawi berkuah santan dan kadang dicampur susu segar. Hidangan pengaruh dari Arab ini berisi daging sapi dan jeroannya yang dimasak hingga empuk.

Agar aromanya tetap gurih segar, rebus daging sapi dan jeroannya terpisah. Pilih daging sapi yang sedikit berlemak agar rasanya gurih. Setelah empuk, tiriskan hingga kering dan bisa digoreng sebentar hingga luarnya kering. Atau dipotong-potong langsung.

Kuah soto ini memakai santan segar atau ditambah dengan susu segar. Karenanya gunakan api kecil saat merebus hingga mendidih perlahan. Hindari memakai santan instan karena aromanya akan terlalu tajam.

Bumbu soto ini sederhana karenanya gunakan yang berkualitas bagus, seperti kayumanis, kapulaga dan pala. Saat akan disajikan tambahkan irisan tomat, kentang, daun bawang dan kucuri air jeruk limau. Untuk membuatnya simak langkah pembuatannya di resep ini.

2. Semur Betawi

Konon sajian semur ini diperngaruhi kuliner Belanda. Berbeda dengan semur Jawa yang kuahnya encer, semur Betawi kuahnya kental. Selain daging biasa ditambahkan kentang dan tahu sebagai isian semur.

Pilih daging has luar yang cepat empuk untuk semur. Potong dengan ketebalan dan ukuran yang hampir sama agar bisa matang bersamaan. Masak dengan api kecil agar bumbu bisa meresap bersamaan dengan empuknya daging.

Giling bumbu hingga halus dan tumis hingga benar-benar matang dan wangi. Barulah masukkan potongan daging dan bahan lainnya. Semur ini biasa disajikan sebagai lauk lontong sayur dan nasi uduk. Resep lengkapnya bisa dilihat di sini!

3. Gabus Pucung

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dipelihara warga Betawi di empang-empang sekitar rumah. Biasanya ikan gabus digoreng atau diolah jadi gabus pucung.

Pilih ikan gabus yang segar, jika bisa yang masih hidup dan dimatikan saat dibeli. Pilih yang berukuran sedang, siangi hingga dan bilas hingga bersih. Kerat-kerat badannya lalu goreng hingga kering.

Kuah olahan gabus ini mirip rawon, memakai pucung atau keluwak. Pilih keluwak yang tua, jika perlu pecahkan dan cicipi dulu. Jika pahit, sebaiknya tidak dipakai karena kuah akan menjadi pahit. Masak kuah hingga benar-benar matang. Untuk tahapan membuatnya bisa dilihat di resep ini. (*)

loading...
 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]