Perkuat Basis Ekonomi, Masyarakat di Bantu Bibit Ternak hingg Permodalan


Sabtu, 07 Maret 2020 - 10:04:21 WIB
Perkuat Basis Ekonomi, Masyarakat di Bantu Bibit Ternak hingg Permodalan Walikota Deri Asta turun langsung meninjau masyarakat penerima bantuan bibit tenak seperti ayam, kambing dan itik di Kecamatan Lembah Segar. Foto/RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Upaya memperkuat basis ekonomi masyarakat kota Sawahlunto terus dilakukan. Pemerintah Daerah setempat terus memberikan bantuan bibit ternak, tanaman dan juga permodalan usaha. Saat ini 120 kepala keluarga kurang mampu telah menerima bantuan bibit lambing, ayam dan itik.

"Harapan kita ekonomi warga bisa tumbuh dengan bibit yang dierikan dan permodalan usaha. Jika usaha berkembang baik, maka penghasilan warga juga akan meningkat, penduduk miskin berkurang sehingga berdampak pada pertumbuhan kota secara umum," ujar Walikota Deri Asta saat meninjau kelompok usaha ternak warga di Saringan kemarin.

Deri mengatakan, sengaja dipilih ternak kambing, itik dan ayam, karena lebih cepat produksi, sehingga lebih cepat pula memberi kontribusi untuk perbaikan ekonomi warga yang menerima bantuan.

"Selain ternak, juga dibantu bibit tanaman produktif seperti, manggis, durian, mangga, lengkeng, jambu, jeruk dan sirsak sejak 2019 lalu. Di 2020 upaya memperkuat ekonomi warga ini akan terus dilakukan," ujarnya.

Terkait kunjungan ke kelompok peternak harapan berdama Kelurahan Saringan. Walikota menilai, gebrakan yang dibuat pemuda bersama Babhinkantibmas setempat, perlu didukung dan diprioritaskan mendapat bantuan dan juga pembinaan.

Inovasi-inovasi masyarakat seperti inilah yang ingin dimunculkan, sehingga program-program ekonomi kerakyatan yang digagas pemerintah kota bisa teraplikasi dengan baik. Disini lanjut Deri, dapat dilihat kemauan, kesungguhan dan semangat untuk maju dan beribah kearah yang lebih baik.

"Kami sendiri sengaja datang meninjau dan bertemu langsung dengan warga disetiap kesempatan. Momen bersama masyarakat kita gunakan untuk memotivasi warga agar besungguh-sungguh dalam berusaha, dan yakinlah pemko siap membantu," katanya. (*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]