Viral! Ketika Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar 'Kepleset' Sebutkan Pancasila


Sabtu, 07 Maret 2020 - 11:34:28 WIB
Viral! Ketika Finalis Putri Indonesia Asal Sumbar 'Kepleset' Sebutkan Pancasila Finalis Putri Indonesia 2020 asal Sumbar, Louise Kalista Iskandar.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pada acara Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3), para finalis yang lolos babak enam besar harus menjawab pertanyaan yang diberikan dewan juri. Sayangnya, tidak semua finalis dapat memberi jawaban sempurna.

Hal itu dialami Louise Kalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 dari Sumatera Barat. Mahasiswi hukum tersebut mendapat pertanyaan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Sebelum bertanya, Bambang menuturkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang terdiri dari 17.500 pulau dan memiliki 733 bahasa.

"Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?" tanyanya.

Terdengar suara riuh penonton yang menyaksikan langsung Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di Jakarta Convention Center. Mereka seperti terkejut seakan tak menyangka bakal ada pertanyaan seperti itu dari dewan juri.

"Terima kasih, Pak," ucap Kalista kepada Bambang. Perempuan 21 tahun itu lalu mulai menjabarkan satu per satu butir Pancasila.

Sila pertama hingga ketiga dipaparkan dengan lancar oleh Kalista. Masuk ke sila sempat, Kalista mulai 'kepleset'. "Nomor empat, kemanusiaan yang...," ucap Kalista yang langsung disambut teriakan dan serokan penonton.

Meski salah, Kalista tetap mencoba untuk menguraikan isi sila keempat. Sayangnya jawabannya masih belum tepat. "Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per.. masyarakat, perwakilan," sambung dia.

Kesalahan masih berlanjut di sila kelima. "Lima, kemanusiaan sosial yang adil dan beradab," kata Kalista. Jawaban tersebut lantas mengundang sorakan penonton.

Bambang lalu mencoba memberi apresiasi kepada Kalista yang sudah mau berusaha menjawab pertanyaannya. "Terima kasih Kalista, Anda layak menang," ucap Bambang.

Bukan cuma Kalista, masih banyak orang Indonesia yang tidak hafal isi Pancasila. Setidaknya itu berdasarkan hasil survei yang pernah dipaparkan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo tahun lalu.

Dari 12 provinsi yang dijadikan sampel, Bangka Belitung menjadi provinsi yang warganya paling banyak tak hafal Pancasila yakni 60 persen. Sementara di Jawa Tengah, problem yang sama dialami 28 persen warganya.

"Ini hasil survei, kita tidak bisa lepas dari hasil survei ini, kalaupun margin error-nya tinggi, tapi bayangkan seperti Jawa Tengah itu masih 28 persen tidak hafal Pancasila, apalagi Kalimantan timur 50 persen, jadi 50 hafal 50 tidak hafal," jelasnya. 

Kembali ke malam final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Kalista pada akhirnya tak tembus babak top 3. Yang berhasil menjadi top 3 finalis Puteri Indonesia 2020 adalah finalis Bali, Putu Ayu Saraswati. Kemudian disusul dengan Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah, Jihane Almira Chedid. Dan Puteri Indonesia 2020 Jawa Timur, Rr Ayu Maulida Putri.

Pada akhirnya, Puteri Indonesia Jawa Timur, Rr Ayu Maulida Putri yang berhasil menjadi juara Puteri Indonesia 2020. Sedangkan Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020 diraih Putu Ayu Saraswati dari Bali, dan Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 adalah finalis Jawa Tengah, Jihane Almira Chedid. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]