Hannisa, Gadis Kecil Penderita Leukimia di Solok Ditanggung BPJS


Sabtu, 07 Maret 2020 - 19:56:03 WIB
Hannisa, Gadis Kecil Penderita Leukimia di Solok Ditanggung BPJS Tim BPJS Kesehatan memfasilitasi biaya pengobatan Hannisa, penderita kanker darah (leukimia) melalui program JKN-KIS. Ist

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menanggung penuh biaya pengobatan Hannisa Khairani (8) warga Nagari Selayo Tanang, Bukit Sileh, Kabupaten Solok. Hannisa adalah gadis kecil yang menderita leukimia (kanker darah) sejak Oktober 2016 silam.

Dia ternyata adalah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dari Januari 2016.

Sejak penyakit mematikan itu menggerogoti tubuhnya, Hannisa pernah menjalani proses pengebotan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Biaya pengobatan tersebut dibantu dengan Kartu JKN-KIS. Teranyar, dirinya telah menjalani perawatan di RSUD M. Natsir Solok lantaran keadaannya kian memurun.

Merespon hal itu, Direktur Utama RSUD M. Natsir drg. Basyir Busnia menjelaskan, bahwa pasien bernama Hannisa telah diberikan pelayanan kesehatan sesuai hak dan prosedur bagi peserta JKN-KIS.

Pasien Hannisa, kata drg. Basyir Busnia, telah dirawat sejak 29 Februari 2020 dan sudah diperbolehkan pulang pada Jumat 6 Maret 2020 oleh dokter penanggung jawab pasien. Selama dirawat tidak ada sama sekali iuran biaya yang dibebankan kepada pasien.

Meski Hannisa telah diperbolehkan pulang, sambung drg. Basyir Busnia, pasien masih tetap kontrol ke RSUD M. Natsir Kota Solok untuk mendapatkan rujukan pelayanan ke RSUP Dr. M. Djamil Padang. Dalam hal ini, BPJS Kesehatan menyerahkan sepenuhnya pada pihak-pihak yang berwenang dalam proses terapi pasien di rumah sakit.

“Hannisa mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD M. Natsir Kota Solok sejak 29 Februari hingga 6 Maret 2020, dan telah mendapatkan penanganan yang baik sesuai haknya sebagai peserta JKN-KIS,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rudy Widjajadi. (**)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM