Pastikan Pelayanan JKN-KIS, Pimpinan BPJS Solok Kunjungi Pasien ke Rumah


Sabtu, 07 Maret 2020 - 20:10:25 WIB
Pastikan Pelayanan JKN-KIS, Pimpinan BPJS Solok Kunjungi Pasien ke Rumah BPJS Kesehatan Cabang Solok bersama tim mengunjungi langsung pasien pengguna JKN-KIS, yakni Hannisa, penderita leukimia (kanker darah) di warga Nagari Selayo Tanang, Bukit Sileh, Kabupaten Solok. Ist

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Guna memastikan pasien mendapatkan pelayanan terbaik, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok, Rudy Widjajadi bersama Petugas BPJS SATU (Siap Membantu) mengunjungi langsung pasien pengguna JKN-KIS.

Kali ini, BPJS berkunjung ke rumah Hannisa, penderita leukimia (kanker darah) di warga Nagari Selayo Tanang, Bukit Sileh, Kabupaten Solok.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rudy Widjajadi mengatakan, pihak BPJS Kesehatan juga telah melakukan kunjungan ke rumah Hannisa. Kunjungan dimaksud dalam rangka memastikan tidak adanya kendala pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

Saat kunjungan itu diketahui bahwa pelayanan kesehatan yang diterima Hannisa di RSUD M. Natsir Kota Solok sudah sesuai indikasi medis dan juga tidak ada biaya tambahan selama dirawat. Pada kesempatan itu disampaikan juga kepada keluarga Hannisa tentang hak-hak yang dimiliki peserta JKN.

Berdasarkan catatan BPJS Kesehatan, Hannisa telah menggunakan layanan JKN-KIS sebanyak 15 kali kunjungan rawat jalan dan 9 kali kunjungan rawat inap di RSUD Arosuka Kabupaten Solok, RSUD M. Natsir Kota Solok dan RSUP Dr. M. Djamil sejak tahun 2016 lalu.

Rudy menegaskan, BPJS Kesehatan menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS. Jika sudah sesuai hak dan prosedur maka tidak ada iuran biaya yang dibayarkan oleh peserta.

"Kami harap tidak ada informasi bahwa peserta dikenakan iur biaya atau harus membeli obat jika sudah sesuai hak dan prosedur. Apabila sudah terdaftar dan status peserta aktif serta sudah sesuai dengan hak prosedur, jika ada kendala maka kami siap membantu," tegas Rudy.

Rudy berharap kepada peserta JKN-KIS untuk tidak ragu mengakses layanan kesehatan karena BPJS Kesehatan sudah diamanatkan untuk menjamin biaya pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Apabila peserta mengalami kendala ataupun menyampaikan keluhan saat mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dapat menghubungi petugas BPJSSATU di Rumah Sakit. Foto serta nomor telepon petugas sudah ditempel di masing-masing Rumah Sakit untuk memudahkan peserta," saran Rudy.

Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan RSUP M.Djamil Padang, dr Rose Dinda Martini, Sp.PD,K-GER, FINASIM menyampaikan, bahwa untuk tindakan kemoterapi dan tindakan BMP tidak ada iuran bayar selama kartu JKN-KIS pasien aktif.

Ibu Hannisa, Yulia merasa sangat bersyukur karena terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan puas dengan pelayanan kesehatan yang telah didapatkan Hannisa.

"Saat ini untuk biaya transportasi dan akomodasi keluarga dalam proses pengobatan saya sudah mendapatkan bantuan dari Baznas Kabupaten Solok melalui bantuan dari pihak Wali Nagari," tukasnya. (**)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]