Mau Beasiswa Rp6 Juta per Bulan? Buruan Daftar Kelas Kerjasama PNP


Sabtu, 07 Maret 2020 - 22:30:53 WIB
Mau Beasiswa Rp6 Juta per Bulan? Buruan Daftar Kelas Kerjasama PNP Direktur PNP, Surfa Yondri dalam suatu kegiatan. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) terus membuka peluang untuk lulusan SMA/SMK yang ingin bergabung di kelas kerjasama Program Studi (Prodi) Diploma Tiga (D-III) Teknik Listrik dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Menariknya, bagi calon mahasiswa yang lulus tes akademik akan mendapatkan beasiswa Rp6 juta per semester dan intensif Rp850 ribu per bulan saat magang di perusahaan setrum plat merah tersebut.

Direktur PNP, Surya Yondri mengatakan, PT. PLN memberikan perhatian berupa beasiswa sebesar Rp6 juta per semester kepada mahasiswa yang meraih IPK tinggi. Tak hanya itu, saat mahasiswa tersebut menjalani masa praktek di PLN, mereka juga mendapatkan intensif sebanyak Rp850 ribu perbulan.

"Di samping proses belajar mengajar dan kerjasama kurikulum. PLN juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang memiliki IPK tinggi sebesar Rp6 juta persemester dimulai dari sementer tiga dan uang saku Rp850 ribu perbulan saat magang di PLN selama enam bulan," jelas Surfa Yondri, kemarin.

Surya Yondri menyebutkan, hal ini merupakan salah bentuk tanggung jawab dari PT. PLN melalui kelas kerjasama yang dilakukan bersama Politeknik Negeri Padang. Setelah mahasiswa ini selesai magang, kata dia, mereka akan kembali ke kampus untuk menuntaskan sidang tugas akhir.

"Baru nanti di tes lagi kesehatannya, setelah itu barulah mereka bergabung dengan PT. PLN," ujar Surfa Yondri.

Untuk kuota kelas kerjasama ini, kata Surfa Yondri, berjumlah 28 orang mahasiswa. Persyaratan kelas kerjasama ini harus linier. Misalnya, SLTA/SMA/MA jurusan IPA, SMK harus jurusan listrik.

"Kalau SMKnya itu jurusan bangunan tidak bisa, apalagi kesenian," seloroh Surfa Yondri.

Sebelumnya diberitakan, untuk prodi D3 Teknik Listrik pendaftaran dimulai dari 2 Maret sampai 15 April 2020, ujian/tes akademik pada 17-18 April 2020, pengumuman hasil tes akademik pada 21 April 2020. Bagi yang lulus tes akademik berhak mengikuti tes psikologi, kesehatan dan wawancara (jadwal ditetapkan kemudian).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://pmb.pnp.ac.id/, dan panduan pemilihan program studi pada website https://penerimaan.pnp.ac.id/.

Adapun ketentuan yang mengambil kelas kerjasama dengan PT. PLN, yakni WNI, umur maksimal 19 tahun pada bulan Agustus 2020, lulus SLTA tahun 2019 atau akan tamat tahun 2020, pemilihan prodi di PNP mengacu kepada panduan pemilihan prodi sesuai dengan latar belakang jurusan/prodi di sekolah, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM