Ratusan Bikers N Max se-Sumbar Antusias Bertemu Lilik dan Balda


Ahad, 08 Maret 2020 - 09:37:08 WIB
Ratusan Bikers N Max se-Sumbar Antusias Bertemu Lilik dan Balda Bikers N-Max dari berbagai lintas komunitas se-Sumbar

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ratusan bikers N-Max dari berbagai lintas komunitas se-Sumbar menanti-nanti kedatangan Lilik Gunawan (38) beserta Balda (4) yang mengunjungi Padang setelah melakukan perjalanan kembali dari Sabang-Jambi, Sabtu (7/3) malam.

Kisah Lilik Gunawan (38) yang melakukan perjalanan dari Indonesia menuju Mekah terbilang nekad. Bermodal uang Rp400.000 dan dengan menggunakan motor pinjaman, Lilik mengajak serta anak laki-lakinya Balda (4) melintasi 10 negara selama 8 bulan dengan menempuh jarak lebih dari 20.000 km.

Kepada Haluan, Lilik menuturkan aksi tersebut dilakukan karena ia memiliki misi ingin menghajikan orang tua dan istri tercintanya dengan cara yang tak biasa.

"Saya menamai perjalanan ini 'Ride for moms', dengan misi mengumpulkan 1.000 surat cinta di setiap negara untuk ditukarkan menjadi tiket haji buat ibu dan istri saya tercinta," ungkap Lilik mengawali cerita.

Perjalanan ini, diakui Lilik didedikasikan sebagai bentuk penghargaan untuk 'moms' tidak hanya ibu, tapi juga setiap perempuan yang luar biasa menjadi awal peradaban di dunia ini.

"Disitu saya meminta tanggapan kepada orang-orang yang saya temui di setiap negara, apa arti ibu bagi mereka, yang nantinya keseluruhan tanggapan selama perjalanan tersebut juga akan saya rangkum dalam dua buah buku dan kabarnya akan di film kan untuk tayang Februari 2021 mendatang," ungkap Lilik.

Bukan Bikers 

Lilik yang kini dijuluki rider religius, mengaku perjalanan nekadnya tersebut merupakan perjalanan terjauh perdana dengan menggunakan motor.

"Mungkin dari tampangnya, saya tidak terlihat seperti anak motor kebanyakan yang tangguh, gagah, kekar. Oleh karenanya julukan yang melekat kepada saya adalah rider religius, karena tujuan perjalanan saya ke Mekkah dan selama perjalanan diiringi kisah-kisah pertolongan-pertolongan Allah yang mungkin tidak bisa diterima akal," tutur Lilik.

Selama perjalanan tersebut, Lilik bercerita melewati 10 negara yang 3 diantaranya adalah negara Non Muslim namun memperlakukannya dengan sangat baik. Ia juga ketar-ketir ketika membawa anak bungsunya melewati beberapa negara sedang mengalami konflik. Dimana setiap 5 km, ia harus melepas box di motornya untuk diperiksa oleh tentara di sana.

"Semua negara yang saya lewati punya ceritanya masing-masing, namun negara paling berkesan yang saya lewati adalah Pakistan, karena rata-rata, seluruh lapisan masyarakat di Pakistan mulai dari masyarakat biasa, akademisi, pelajar memberikan pelayanan yang terbaik untuk saya dan Balda. Tapi yang paling kena di hati tentu Saudi Arabia, karena bisa mengobati kerinduan saya akan Baitullah dan bersujud di sana meskipun ketika saya masuk ke Saudi, dengan kondisi yang sangat lelah, kami sempat ditolak menggunakan motor dan disuruh kembali dengan menggunakan pesawat atau bus saja," tutur Lilik.

Berkat perjalanannya itu, Lilik pun kini viral dan mendapat banyak dukungan serta apresiasi dari berbagai pihak. Termasuk kapolda Jambi tempat ia berdomisili, yang menembus motor N-Max yang ia pinjam.

"Saat sampai di India, si pemilik meminta motornya, tapi saat itu saya tidak punya uang. Akhirnya cerita ini sampai ke telinga Kapolda Jambi, yang kemudian menebus motor pinjaman saya ini kepada yang punya seharga Rp22.000.000," kata Lilik menambahkan.

Kemudian berbagai bantuan pun berdatangan, termasuk motor N-Max ABS 2020 terbaru dari Yamaha.

"Mungkin ini rezeki Balda, banyak saja bantuan yang datang setelah itu," ungkap Lilik saat ditemui Haluan di Dealer Yamaha Tjahaja Baru, bertempat Jl. Damar.(*)
 

loading...
Reporter : Yessi Swita /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]