Anda Suka Mendengkur? Coba Posisi Ini saat Tidur agar Tak Mengganggu Istri


Ahad, 08 Maret 2020 - 12:37:18 WIB
Anda Suka Mendengkur? Coba Posisi Ini saat Tidur agar Tak Mengganggu Istri Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Posisi tidur pada malam hari ternyata memiliki dampak yang besar bagi kesehatan. Posisi yang kurang tepat berpotensi mengakibatkan rasa sakit di bagian punggung dan leher. Juga dapat mengakibatkan keletihan, kram otot, sakit kepala, nyeri ulu hati, masalah perut, dan bahkan keriput dini.

Dikutip dari Haluan.co (Haluan Media Group), Minggu (8/3/2020), orang-orang biasanya tidur itu ada tiga kategori: tidur miring, punggung atau perut (atau kombinasi posisi).

Jika mendapati diri Anda tidur bolak-balik di malam hari, itu adalah sesuatu yang sangat mengganggu pasangan Anda, apalagi bila Anda mendengkur. Pasangan Anda juga akan terganggu bila Anda bangun lebih dari diinginkan. Sebab itu, mungkin sudah saatnya untuk melihat kembali bagaimana posisi Anda tidur.

Beberapa posisi tidur juga bisa membantu Anda memiliki kualitas istirahat di malam hari, terutama jika Anda menderita keluhan seperti mendengkur atau sakit lainnya yang dapat membuat Anda terjaga di malam hari.

Ben Smarr adalah penasihat ilmu tidur untuk Oura dan asisten profesor bioteknologi dan ilmu data di UC San Diego.

Melalui penelitian Smarr, dia melihat bahwa orang yang tidur dalam posisi tertentu cenderung kualitas tidurnya lebih baik secara keseluruhan.

Karena, preferensi pribadi dan masalah kesehatan adalah faktor besar, dan juga penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi situasi yang spesifik pada Anda.

Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dari berbagai posisi tidur dan bagaimana mereka memengaruhi berbagai masalah tidur dan masalah kesehatan.

Posisi Tidur Miring

Tidur mendengkur bisa menjadi keluhan yang luar biasa, terutama jika Anda tidur dengan pasangan.

Meskipun bukan masalah medis tersendiri, mendengkur adalah salah satu tanda bahwa Anda mungkin menderita sleep apnea - suatu kondisi medis serius yang menyebabkan Anda berhenti bernapas saat tidur.

Salah satu posisi terbaik untuk mendengkur atau sleep apnea ada di pihak Anda. "Sementara banyak orang paling nyaman di punggung mereka, tidur di samping kurang mendengkur, jadi itu biasanya dianjurkan," kata Smarr.

Apakah Anda mendengkur atau tidak, tidur menyamping adalah posisi yang paling disukai bagi kebanyakan orang menurut The Sleep Better Council.

Tidur di sisi kiri, secara khusus adalah posisi terbaik jika Anda menderita refluks asam, mulas atau gangguan pencernaan di malam hari.

Jika Anda memiliki sakit punggung atau sakit pinggul saat tidur miring, Anda dapat meletakkan bantal di antara kaki atau lutut untuk mengurangi tekanan.

Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap juga baik untuk kesehatan. Posisi ini sangat cocok terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Posisi ini juga efektif bagi Anda yang ingin memiliki bentuk payudara terjaga serta menghindari wajah berkerut. Namun posisi ini tidak dianjurkan bagi penderita nyeri punggung dan nyeri leher.

Posisi tengkurap juga dapat menambah tekanan pada otot leher, sendi, dan saraf. Sehingga jika Anda memaksakan maka bisa menimbulkan kesemutan atau nyeri.

Kelemahan dari posisi tidur tengkurap ini adalah jika Anda memiliki sakit leher atau sakit punggung bagian bawah, itu bisa membuatnya lebih buruk.

Ini karena tidur tengkurap dapat menyebabkan leher Anda berada pada posisi yang canggung. Jika Anda tidur tengkurap dan tidak memiliki masalah, maka jangan khawatir tentang perubahan posisi.

Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang bukanlah ide yang baik jika Anda menderita sakit punggung bagian bawah atau sleep apnea, menurut The Better Sleep Council. Dan Smarr setuju, terutama jika Anda mendengkur atau menderita apnea tidur.

"Ketika di punggung Anda, jalan napas Anda bisa lebih mudah turun naik, karena memiliki lebih banyak flex dari depan ke belakang daripada sisi ke sisi. Anda dapat mengangkat kepala dan itu dapat membantu memindahkan berat badan dari leher dan mengurangi kemungkinan hidung atau leher menutup diri, tetapi itu adalah kompromi antara vertikalitas dan pernapasan, yang merupakan perdagangan sulit untuk keluar di atas, "Smarr menjelaskan.

Jika Anda tidak memiliki sleep apnea, tidur terlentang memiliki beberapa manfaat. Tidur telentang sangat baik untuk tulang belakang Anda karena berat badan lebih terpusat dan merata di posisi ini.

Jika Anda mengalami refluks asam, tidur telentang sangat membantu karena menghadap ke atas dan kecil kemungkinan mengalami gangguan pencernaan. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 11:22:08 WIB

    6 Model Pintu Rumah Minimalis, Mana yang Anda Suka?

    6 Model Pintu Rumah Minimalis, Mana yang Anda Suka? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pintu merupakan komponen dalam rumah yang sangat esensial dan tak bisa tergantikan. Bukan hanya itu, secara psikologis pun model pintu rumah sering dikaitkan dengan gengsi si pemilik hunian..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 06:33:52 WIB

    Bukan Masker, Ini yang Wajib Anda Sediakan saat Virus Corona Mewabah

    Bukan Masker, Ini yang Wajib Anda Sediakan saat Virus Corona Mewabah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus corona yang telah menyebar ke berbagai negara, memang tak bisa dipungkiri menimbulkan kekhawatiran pada banyak orang..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 19:30:57 WIB

    Ayo Segera Ganti, Jika Helm Anda Sudah Ada Tanda-tanda Seperti Ini

    Ayo Segera Ganti, Jika Helm Anda Sudah Ada Tanda-tanda Seperti Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Cuaca yang kerap berganti membuat kenyamanan helm berkurang. Terlebih, jika pelindung utama bagian kepala para pengendara sepeda motor ini selalu digunakan sehari-hari..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 14:46:35 WIB

    Mayoritas Perempuan Tak Suka Bercanda soal Hal Satu Ini

    Mayoritas Perempuan Tak Suka Bercanda soal Hal Satu Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada baiknya Anda memikirkan 'materi' lain dan tak perlu lagi menjadikan seksualitas sebagai bahan bercandaan. Sebab fakta menunjukkan, mayoritas perempuan di seluruh dunia tak suka bercanda soal se.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 21:04:13 WIB

    Ingin Coba Wisata Ganja di Belanda? Perhatikan 6 Tips Ini

    Ingin Coba Wisata Ganja di Belanda? Perhatikan 6 Tips Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Walau masih terlarang di Indonesia, konsumsi ganja untuk kesehatan dan rekreasi dalam jumlah kecil tak lagi masuk ranah hukum di beberapa negara, salah satunya Belanda..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: redak[email protected]
APP HARIANHALUAN.COM