Perdana dalam Sejarah, Balap F1 Bahrain Digelar Tanpa Penonton


Ahad, 08 Maret 2020 - 16:34:33 WIB
Perdana dalam Sejarah, Balap F1 Bahrain Digelar Tanpa Penonton Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Seri II balap Formula 1 di Bahrainpada 22 Maret mendatang diputuskan digelar tanpa penonton. Bahrain akan menjadi tuan rumah seri II ajang balap Formula 1 musim 2020 yang akan dimulai di Australia, 15 Maret pekan depan.

Dikutip dari Motorsport.com, penyelenggaraan balap tanpa penonton di sirkuit menjadi yang pertama kali dalam sejarah F1.

Balap F1 Bahrain terpaksa digelar tanpa penonton sebagai akibat dari makin meluasnya wabah virus corona atau COVID 19.

Keputusan menggelar balapan tanpa penonton dilakukan setelah panitia setempat menghentikan lebih dulu kegiatan penjualan tiket.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Minggu (8/3/2020) pagi waktu setempat, pihak penyelenggara balap F1 Bahrain mengatakan bahwa balapan di negara tersebut tetap akan disiarkan secara langsung di televisi.

"Dalam konsultasi dengan mitra internasional kami dan Satuan Tugas Kesehatan Nasional Kerajaan, Bahrain telah membuat keputusan untuk menggelar Grand Prix Bahrain tahun ini sebagai acara yang hanya dikhususkan untuk peserta," bunyi keterangan tersebut.

“Sebagai negara tuan rumah F1, menyeimbangkan kesejahteraan penontin dan pebalap adalah tanggung jawab yang luar biasa. Mengingat penyebaran COVID-19 secara global, mengadakan acara olahraga besar yang terbuka untuk umum dan memungkinkan ribuan pelancong internasional dan penggemar lokal untuk berinteraksi dalam jarak dekat bukan hal yang tepat untuk dilakukan pada saat ini."

Pihak panitia balapn di Bahrain mengatakan bahwa langkah-langkah ketat yang telah dilakukan untuk membatasi penyebaran virus selama beberapa pekan terakhir akan menjadi sia-sia jika ribuan penggemar F1 datang mengunjungi negara tersebut.

Otoritas di Bahrain sudah melakukan pencegahan, mengidentifikasi dan mengisolasi orang-orang yang terkait COVID 19, sebagian besar adalah mereka yang bepergian ke negara itu melalui jalur udara.

"Kami tahu betapa kecewa banyak orang terhadap berita ini, terutama bagi mereka yang berencana bepergian ke acara tersebut, yang telah menjadi peristiwa terpenting dalam kalender F1 internasional. Tetapi keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama kami," pungkas pernyataan tertulis pihak penyelenggara.

Langkah yang dilakukan Bahrain dilakukan hanya beberapa jam setelah Italia mengumumkan ada beberapa wilayah di bagian utara yang sedang dikarantina - termasuk Modena, tempat Ferrari berpusat.

Sampai berita ini ditulis, F1 Australia yang akan jadi seri pembuka masih terjadwal berlangsung dalam kondisi normal. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]