Benarkah Merokok Mampu Mencegah Virus Corona?


Ahad, 08 Maret 2020 - 18:30:59 WIB
Benarkah Merokok Mampu Mencegah Virus Corona? ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar sebuah informasi yang mengklaim kalau merokok dapat mencegah bahkan mengobati virus corona baru atau COVID-19.

Informasi ini diterbitkan oleh Rachmad Rofik pada hari Rabu (19/2/2020) melalui kanal Medium.com dengan judul artikel yaitu "WHO: Merokok, Salah Satu Solusi Pencegahan COVID-19".

Baca Juga : Saran Ahli Gizi dalam Memilih Menu Sahur dan Buka Puasa

Dalam artikel tersebut, tertulis bahwa "Di Indonesia, selain 60% dari rokok yang kita hisap adalah pajak untuk negara, ternyata perokok tidak disukai COVID-19."

Terdapat juga informasi yang seolah menyatakan, merokok adalah salah satu solusi dari World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia untuk mengantisipasi COVID-19.

Baca Juga : Waspada, Kasus Positif Covid-19 Melambung Lagi di Batam

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id pada Minggu (8/3), informasi tersebut dinyatakan tidak benar.

Baca Juga : Aduh, Terjadi Peningkan Lansia Meninggal Terpapar Covid-19 di Riau

Ini karena WHO tak pernah menyebut bahwa aktivitas merokok dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi SARS-CoV-2 atau virus corona baru.

Faktanya, memang benar bahwa artikel tersebut mengutip informasi yang dikeluarkan oleh WHO pada bagian Q&A. Namun, ternyata informasi tersebut telah dihapus dan diganti oleh WHO dengan informasi yang lebih valid.

Baca Juga : Beda Gejala, Wakil Walikota dan Istri Terpapar Covid-19

Klarifikasi dari WHO adalah sebagai berikut:

"Tindakan tersebut TIDAK secara khusus direkomendasikan sebagai solusi 2019-nCov karena tidak efektif untuk melindungi diri sendiri dan bahkan bisa berbahaya bagi tubuh. (h/*)

Editor : Heldi | Sumber : Hitekno.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]