Kemenag Imbau Agen Travel Setop Sementara Pendaftaran Umrah


Ahad, 08 Maret 2020 - 22:33:48 WIB
Kemenag Imbau Agen Travel Setop Sementara Pendaftaran Umrah Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Arab Saudi menghentikan sementara kunjungan umrah dari luar negeri sejak 27 Februari lalu. Keputusan itu diambil sebagai tindakan preventif atas virus korona yang terus menyebar ke berbagai negara.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim mengimbau agen travel tidak membuka pendaftaran umrah untuk sementara waktu. Hal ini mengingat belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi soal dibukanya kembali kunjungan umrah dari luar negeri.

"Kami imbau penyelenggara tidak terima dulu penerimaan daftar umrah karena belum ada kepastian," kata Arfi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Arfi menegaskan ketika nanti kunjungan umrah kembali dibuka, jemaah yang lebih diprioritaskan diberangkatkan ke Tanah Suci adalah jemaah yang sudah mendaftar di waktu sebelumnya.

"Ketika dibuka lagi, tentunya yang dibuka buat yang sudah daftar duluan, menjual sesuatu harus ada kejelasannya," ujar Arfi.

Dia juga mengklarifikasi perihal adanya info kunjungan umrah akan dibuka kembali pada 14 Maret 2020 nanti. Arfi menegaskan hingga saat ini belum ada info resmi dari pemerintah Arab Saudi perihal kapan kunjungan umrah akan kembali dibuka.

"Lalu ada info yang menyampaikan umrah ditutup setahun. Kami klarifikasi langsung ke dubes (kalau) info tersebut tidak benar," kata Arfi. (h/*)

 Sumber : iNews.id /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 08:50:06 WIB

    Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat via Online

    Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat via Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H pada 23 April 2020. Berbeda dari biasanya, sidang akan digelar online dengan memanfaatkan sambungan komunikasi jarak jau.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 14:18:40 WIB

    Kemenag Kecam Akad Nikah Secara Online

    Kemenag Kecam Akad Nikah Secara Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan jika tidak boleh ada calon pengantin yang melakukan akad nikah secara online. Akad nikah tetap harus dilakukan sesuai dengan syariat agama Islam, bagi calon .
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 17:26:48 WIB

    Hindari Kontak, Kemenag Instruksikan Gereja Ibadah Online

    Hindari Kontak, Kemenag Instruksikan Gereja Ibadah Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama berharap gereja bisa menggelar ibadah secara online. Ini dimaksudkan untuk menghindari kontak langsung antar jemaat..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 08:19:31 WIB

    Jangan Ragu Menikah saat Pandemi Corona, Ini Ketentuan Kemenag

    Jangan Ragu Menikah saat Pandemi Corona, Ini Ketentuan Kemenag JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona (COVID-19) yang kini menjadi pandemi global sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat, termasuk salah satunya urusan pernikahan..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 10:57:54 WIB

    Jika Haji Batal Akibat Corona, Kemenag akan Lakukan Ini

    Jika Haji Batal Akibat Corona, Kemenag akan Lakukan Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama Fachrul Razi mengaku telah menyiapkan skema pengembalian dana apabila pemerintah Arab Saudi secara tiba-tiba membatalkan penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M akibat pandemi Virus C.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM