Kemenag Imbau Agen Travel Setop Sementara Pendaftaran Umrah


Ahad, 08 Maret 2020 - 22:33:48 WIB
Kemenag Imbau Agen Travel Setop Sementara Pendaftaran Umrah Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Arab Saudi menghentikan sementara kunjungan umrah dari luar negeri sejak 27 Februari lalu. Keputusan itu diambil sebagai tindakan preventif atas virus korona yang terus menyebar ke berbagai negara.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim mengimbau agen travel tidak membuka pendaftaran umrah untuk sementara waktu. Hal ini mengingat belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi soal dibukanya kembali kunjungan umrah dari luar negeri.

"Kami imbau penyelenggara tidak terima dulu penerimaan daftar umrah karena belum ada kepastian," kata Arfi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Arfi menegaskan ketika nanti kunjungan umrah kembali dibuka, jemaah yang lebih diprioritaskan diberangkatkan ke Tanah Suci adalah jemaah yang sudah mendaftar di waktu sebelumnya.

"Ketika dibuka lagi, tentunya yang dibuka buat yang sudah daftar duluan, menjual sesuatu harus ada kejelasannya," ujar Arfi.

Dia juga mengklarifikasi perihal adanya info kunjungan umrah akan dibuka kembali pada 14 Maret 2020 nanti. Arfi menegaskan hingga saat ini belum ada info resmi dari pemerintah Arab Saudi perihal kapan kunjungan umrah akan kembali dibuka.

"Lalu ada info yang menyampaikan umrah ditutup setahun. Kami klarifikasi langsung ke dubes (kalau) info tersebut tidak benar," kata Arfi. (h/*)

loading...
 Sumber : iNews.id /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]