Pertamina Makin Gawat! Tiap Tahun Rugi Rp30 Triliun Akibat Hal Ini


Senin, 09 Maret 2020 - 00:46:37 WIB
Pertamina Makin Gawat! Tiap Tahun Rugi Rp30 Triliun Akibat Hal Ini Pertamina

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Peneliti Pusat Kajian Ekonomi Politik Universitas Bung Karno, Salamudin Daeng menyatakan miris dengan kondisi PT Pertamina (Persero), yang kondisinya semakin gawat. Temuan Bareskrim Polri yang menyatakan Pertamina rugi setiap tahun Rp25-30 triliun tidak bisa dianggap enteng.

"Ya, masa Rp30 triliun dimakan satu orang? Kalau satu orang siapa orangnya. Kalau banyak orang sungguh gawat Pertamina," kata Salamudin Daeng dalam pesan Whatsapp di Jakarta, Minggu (8/3) malam.

Menurut Salamudin Daeng, angka kebocoran yang disampaikan Bareskrim saat rapat dengan Kementerian Perdagangan itu, sungguh luar biasa besarnya. "Kalau Bareskrim bisa menyelamatkan kebocoran tahun 2019 saja maka itu bisa membantu pemerintah untuk menalangi dana nasabah Jiwasraya, jadi tidak harus pakai dana APBN," saran Salamudin Daeng.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/3), mengungkapkan Pertamina rugi Rp25-30 triliun setiap tahun karena kebocoran migas. "Rekan-rekan dari Pertamina sendiri menyampaikan bahwa mereka mengalami kerugian antara kurang lebih Rp25 sampai Rp30 triliun setiap tahun akibat kebocoran masalah migas," katanya.

Kerugian itu dari illegal drilling (pengeboran ilegal), illegal tapping (pembobolan pipa migas) sampai juga upaya-upaya untuk menyelundupkan minyak. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 10:59:25 WIB

    Kabar Gembira! Pertamina Buka Ruang Penurunan Harga BBM Bulan Ini

    Kabar Gembira! Pertamina Buka Ruang Penurunan Harga BBM Bulan Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  PT Pertamina (Persero) membuka ruang penurunan harga BBM non subsidi pada bulan ini bila pelemahan harga minyak mentah dunia berlanjut. Sementara, peluang penurunan harga BBM subsidi berada di ta.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 07:34:42 WIB

    Eks Dirut Pertamina Lepas dari Hukuman Kasus Korupsi Rp568 Miliar

    Eks Dirut Pertamina Lepas dari Hukuman Kasus Korupsi Rp568 Miliar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mahkamah Agung (MA) melepaskan mantan Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan dalam kasus korupsi blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada 2009 yang disebut merugikan negara Rp568 miliar. K.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 01:01:16 WIB

    Harga BBM Turun? Ini Jawaban Pertamina

    Harga BBM Turun? Ini Jawaban Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Pertamina (Persero) menyatakan penyesuaian harga bahan bakar minyak seiring dengan menurunnya harga minyak dunia merupakan wewenang pemerintah..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 11:46:37 WIB

    Pak Ahok, Pilih Komut Pertamina atau Pimpin Ibu Kota Baru RI?

    Pak Ahok, Pilih Komut Pertamina atau Pimpin Ibu Kota Baru RI? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama Basuki Tjahja Purnama atau Ahok masuk ke dalam bursa calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Baru. Menaggapi posisi Ahok yang kini masih menjabat sebagai Komut Pertamina, Mantan Sekretaris .
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 19:07:15 WIB

    Waspada Ya..! Berikut Modus Penipuan Lowongan Kerja Pertamina

    Waspada Ya..! Berikut Modus Penipuan Lowongan Kerja Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Pertamina menginformasikan adanya penipuan dengan modus panggilan seleksirekrutmen Pertamina..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM