Hibahkan Rp600 juta, Pemko bantu Pembangunan 3 Kelas baru MTsN 2 Sawahlunto


Senin, 09 Maret 2020 - 09:11:51 WIB
Hibahkan Rp600 juta, Pemko bantu Pembangunan 3 Kelas baru MTsN 2 Sawahlunto Penandatanganan naskah perjanjian hibah pemko yang diwakili kepala Dinas Pendidikan, Asril dan pihak kementrian Agama Sawahlunto diwakili Kepala MTsN 2, Tatis Arni yang juga disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat, Hendri dan Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Sabtu (7/3). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Sawahlunto hibahkan dana sebesar Rp600 juta kepada Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Lubang Panjang Kota Sawahlunto. Dana hibah itu akan digunakan untuk pembangunan 3 ruang kelas baru. 

Meski secara tugas dan fungsi pokok kata Walikota Deri Asta, Pemerintah daerah tidak memiliki tanggungjawab dalam pengembangan Madrasyah ini, akan tetapi dikarenakan yang sekolah di Madrasyah juga merupakan anak - anak Sawahlunto, maka Pemko wajib membantu.

"Meski secara tupoksi pembangunan madrasyah adalah tugas dari Kementrian Agama, akan tetapi secara prinsip dan kewajiban, karena yang sekolah disini adalah anak - anak Sawahlunto juga, maka pemerintah kota perlu mensuppornya," ujar Walikota.

Pemberian dana hibah ini ungkap Deri Asta, telah melewati pembahasan yang cukup panjang, yakni lebih kurang dua tahun. Semula pemerintah kota ingin memberikan hibah dalam bentuk barang akan tetapi setelah dikaji dan dibahas diputuskan dalam bentuk uang. Untuk itu lanjutnya, apapun bentuk kegiatannya, meski secara domain bukanlah tugas dan tanggungjawab pemko,namun jika itu menyangkut kepentingan masyarakat banyak, itu harus dibantu atau dilaksanakan.

"Memang banyak perdebatan, kenapa kita memberikan dana hibah kepada madrasyah ini, padahal pemko biasanya hanya menfasilitasi sekolah umum. Karena yang sekolah di madrasyah adalah anak - anak kita juga, maka pemerintah daerah juga memiliki kewajiban untuk membantu dan mendukung pembangunan madrasyah ini," tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar Hendri, mengapresasi bantuan diberikan Pemko Sawahlunto ini. Hendri juga mengapresiasi atas bantuan dana hibah yang diberikan. Hendri juga menilai pemerintah kota Sawahlunto juga mampu mengembangkan pendidikan agama dengan mendirikan rumah tahfiz, sehingga Sawahlunto bisa menjadi gudang hafiz Alquran. 

"Atas komitmen dan dukungan itu, maka kami menyematkan penghargaan kepada Walikota Deri Asta sebagai kepala daerah yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pengembangan madasyah, pendidikan agama dan keagamaan Islam," ujarnya.

Saat ini sebut Hendri, kurikulum dan guru saja, belum cukup untuk mendorong kualitas pendidikan, akan tetapi kualitas dan kecukupan sarana dan prasarana menjadi faktor pendukung untuk terciptanya kualitas pendidikan yang baik.

Sementara, Kepala MTsN 2 Sawahlunto, Tatis Arni menyebutkan, saat ini animo warga Sawahlunto menyekolahkan anak di MTsN cukup tinggi sehingga tidak dapat tertampung keseluruhannya dikarenakan keterbatasan ruang kelas.

"Alhamdulillah, keterbatasan itu dapat terpecahkan dengan adanya bantuan dana hibah dari pemerintah daerah," ujarnya.(*)

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM