Bawaslu Pasaman Jamin Kerahasiaan Data Pelapor Pelanggaran Pemilu


Senin, 09 Maret 2020 - 11:31:57 WIB
Bawaslu Pasaman Jamin Kerahasiaan Data Pelapor Pelanggaran Pemilu Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita MA.

    PASAMAN,HARIANHALUAN.COM-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Rini Juita MA, menegaskan institusinya menjamin kerahasiaan data setiap masyarakat yang melaporkan informasi tentang terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu.

     "Hal itu tegas diatur sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan keberanian dan kesadaran masyarakat khususnya kalangan pemilih pemula, dalam mengawal terciptanya pelaksanaan pilkada serentak 2020 yang berintegritas dan bermartabat," kata dia saat membuka kegiatan sosialisasi pengawasan pilkada dihadapan puluhan pelajar SMAN 2 Lubuksikaping, Senin (09/03).

     Menurutnya, sepanjang pelaksanaan pemilu berbagai tingkatan, masih banyak ditemukan adanya tindakan pelanggaran baik dilakukan oleh peserta maupun penyelenggara pemilu it sendiri.

     Sehingga, diperlukan kesadaran penuh bagi seluruh pihak untuk mengawal jalannya proses demokrasi yang menjadi wujud tegaknya kedaulatan rakyat yang menjadi dasar terbentuknya pemerintahan di negara Republik Indonesia.

     "Laporkan jika memiliki informasi atau mengetahui terjadinya pelanggaran pemilu agar bisa ditindaklanjuti secara tegas dan benar sesuai regulasi yang ada," imbaunya.

     Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Pasaman, Afrizal, pada kegiatan tersebut meminta generasi milenial di daerah itu bisa menggunakan hak pilihnya secara benar.

     "Mulai lah belajar mengamati latar belakang calon pemimpin sebelum memilih, jangan sia-siakan hak kits sebagai warga negara hanya karena tidak mau datang ke TPS atau memilih calon yang tidak pantas jadi pemimpin," ajaknya.

     Selain itu, ia juga meminta semua pihak agar menjaga kondusifitas jelang dilaksanakannya tahapan pilkada serentak 2020.

     Salah satunya, lanjut dia, dengan tidak memberikan atau menyebarkan informasi bohong yang dapat merugikan seseorang atau bahkan mengancam keutuhan NKRI.

      " Persatuan dan kesatuan bangsa harus ditempatkan diatas segalanya sebagai modal dasar kelangsungan pembangunan di negara kita", tegasnya.(*)

Reporter :  Rully Firmansyah /  Editor : dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM