Museum Seni dan Kuliner Bakal Hadir di Kota Padang


Senin, 09 Maret 2020 - 11:49:46 WIB
Museum Seni dan Kuliner Bakal Hadir di Kota Padang Wali Kota Mahyeldi Ansharullah memainkan alat musik tradisional Rabab. HUMAS

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Yukon Putra, pengelola museum alat-alat musik Indonesia dan dunia bersama Prof Elfindri dari Unand, Dian Wijaya, Muslim B dari Advokasi Hukum & Ham Sosial Iluni UNP menemui Wali Kota Padang H. Mahyeldi di kediamannya, Sabtu (7/3/2020).

Dalam kesempatan Pertemuan tersebut Wali Kota Mahyeldi didampingi Asisten Hermen Peri, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis Pariwisa Arfian, Kadis Pendidikan, Kepala PUPR dan Kadis Kominfo Rudy Rinaldy dan Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang.

Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Padang hanya menyediakan lahannya.

Bentuk bangunannya akan dirancang dengan unik sesuai peruntukannya, misalnya museum kuliner akan berbentuk tempat kuliner. Dalam museum itu nantinya akan disimpan alat alat musik yang sudah berusia lama sekali, termasuk peralatan tradisional serta juga akan memajang buku-buku yang ditulis Buya Hamka. Ini adalah upaya melestarikan budaya, ucap Yukon Putra yang juga Sekjen Iluni UNP Padang.

Alhamdulillah, kata Yukon Putra bersama rekan-rekannya, Wali Kota Mahyeldi menyambut positif keinginan untuk mendirikan bangunan museum di Kota Padang.

Sehubungan dengan itu Wali Kota Mahyeldi menyetujuinya, dan langsung meminta Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis PUPR untuk membuatkan perencanaannya. "Kita tempatkan pembangunan museum di sekitar Balai Kota Lama, sebab bangunan Balai Kota lama itu termasuk icont Kota Padang," ucap Wali Kota Mahyeldi.

Sekaligus, Wali kota Mahyeldi meminta kepada Kepala Bappeda untuk membuatkan suratnya, bahwa telah menyetujui penyediaan lahan pembangunan museum.(*)

 Sumber : Rel /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 10:17:51 WIB

    Museum, Tempat Wisata dan Usaha Hiburan di Sawahlunto Tutup Sementara

    Museum, Tempat Wisata dan Usaha Hiburan di Sawahlunto Tutup Sementara SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Menindaklanjuti instruksi Walikota Sawahlunto terkait penanganan pandemi Corona virus atau virus Covid-19, seluruh Museum yang ada sementara ditutup, mulai 23 Maret hingga hingga batas yang dip.
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 14:07:22 WIB

    Penggagas Museum Goedang Ransoem Raih Penghargaan

    Penggagas Museum Goedang Ransoem Raih Penghargaan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Para perintis berdirinya Museum Goedang Ransoem dianugerahi penghargaan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto dalam acara puncak Satu Abad Dapur Umum hingga Museum Gudang Ransoem, Senin (17/12). Para.
  • Kamis, 27 Juli 2017 - 13:39:05 WIB

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Lubang tambang batubara milik PT BA UPO yang berlokasi di Sawahluwung, Desa Rantih, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto disulap menjadi museum pendidikan. Peresmiannya ditandai dengan penggunting.
  • Ahad, 02 Juli 2017 - 13:13:59 WIB

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya?

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya? SAWAHLUNTO, HALUAN - Entah angin apa yang mendorong ketiga pecinta seni dan budaya Sumatera Barat ini, hingga begitu saja mau menempatkan ratusan koleksi seni yang mereka miliki di Kota Sawahlunto..
  • Jumat, 23 Juni 2017 - 20:47:12 WIB

    Libur Lebaran di Sawahlunto, Yuk Berkunjung ke Museum Budaya

    Libur Lebaran di Sawahlunto, Yuk Berkunjung ke Museum Budaya SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Ratusan koleksi sejarah dan budaya lokal hingga internasional, yang dipamerkan di Museum Budaya, menunggu kedatangan wisatawan di ‘Kota Pusaka’ Sawahlunto, sepanjang libur lebaran 1438 H men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM