Enam Suspect Corona Diisolasi di Tiga RS di Riau


Senin, 09 Maret 2020 - 12:38:33 WIB
Enam Suspect Corona Diisolasi di Tiga RS di Riau Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan saat ini ada enam orang suspect virus corona (Covid-19). Mereka semua tengah diobservasi di ruang isolasi di fasilitas kesehatan yang ditetapkan Dinkes Provinsi Riau.

Suspect corona sendiri adalah istilah medis yang berarti seorang pasien mengalami gejala mirip virus corona, tetapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

"Data pasien suspect Covid-19 di Riau per 8 Maret 2020 ada enam orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir di Pekanbaru, Riau, Senin (9/3).

Dari enam, ada empat pasien suspect dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Kemudian, satu pasien di RSUD Dumai dan satu pasien lagi di RSUD Puri Husana Indragiri Hilir.

Semua pasien tidak diperkenankan bertemu orang selain perawat. Kebijakan itu diterapkan guna meminimalisir kontak langsung antara pasien dengan orang lain.

Pengambilan sampel swab atau usap tenggorokan sudah dilakukan dan telah dikirim ke laboratorium Penelitian Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan, Jakarta untuk diteliti pada pekan lalu. Namun, hasilnya belum keluar.

"Kondisi pasien dalam observasi di ruangan isolasi RS dan sudah diambil swab sampel yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes RI," ujarnya.

Direktur RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Nuzelly Husnedi mengatakan mulai menangani pasien suspect corona sejak Selasa (3/3). Isolasi dan pengambilan sampel telah dilakukan guna memastikan penyakit di dalam tubuh pasien.

Nuzelly tak menyangka proses penelitian sampe pasien suspect corona memakan waktu yang lama. Dia mengatakan itu terjadi lantaran ada begitu banyak antrean.

Menurut dia, proses penelitian sampel pasien ternyata memakan waktu lama karena banyak sampel dari pasien terduga Covid-19 lainnya yang masuk hanya mengizinkan penelitian sampel corona di Puslitbangkes.

"Ternyata yang antre banyak," kata Nuzelly. 

Menurut Nuzelly biasanya hasil lab selesai 2-3 hari.

Sebelumnya, Juru Bicara pemerintah khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan ada 23 orang berstatus suspect per 8 Maret 2020. ada 1 pasien suspect asal Bandung dan 2 asal Bali, sementara sisanya diisolasi di Jakarta.

"Total yang sudah kita periksa itu ada 620 spesimen. Spesimen yang dikirim dari RS ada 327 dari 63 RS di 25 provinsi. Kemudian dari 327 ini kita tahu ada 4 confirmed positif. Kemudian ada 23 masih suspect," kata Yurianto di Kompleks Kepresidenan, Minggu (8/3).

Yuri juga mengatakan ada 6 orang yang positif mengidap virus corona. mereka dirawat khusus di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 08:38:35 WIB

    Ini 4 Provinsi dengan Penambahan Kasus Corona Terbanyak

    Ini 4 Provinsi dengan Penambahan Kasus Corona Terbanyak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, kenaikan jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) terdapat di sejumlah daerah. Daerah dengan peningkatan kasus .
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 23:19:28 WIB

    Kementerian LHK Kaji Sanksi untuk Penambangan Ilegal di Lebak, Banten

    Kementerian LHK Kaji Sanksi untuk Penambangan Ilegal di Lebak, Banten Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan ( KLHK) tengah mengkaji sanksi yang akan diberikan kepada penambang ilegal di Lebak, Banten..
  • Ahad, 10 November 2019 - 12:15:47 WIB

    Soal Rencana Tambah Enam Kursi Wakil Menteri, Ini Tanggapan Jokowi

    Soal Rencana Tambah Enam Kursi Wakil Menteri, Ini Tanggapan Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum berencana untuk menambah sekitar enam jabatan kursi wakil menteri guna membantu tugas menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Maju..
  • Jumat, 01 November 2019 - 17:44:25 WIB

    Penampakan STNK Seperti Kartu ATM yang Berlaku 2021

    Penampakan STNK Seperti Kartu ATM yang Berlaku 2021 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan inovasi dengan mengubah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kertas ke kartu. Rencana ini masih dimatangkan dan dibicarakan oleh stakeholders terkai.
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:42:47 WIB

    Super..! Luhut Bawahi Enam Hingga Tujuh Kementerian

    Super..! Luhut Bawahi Enam Hingga Tujuh Kementerian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, berdasarkan perubahan nomenklatur, kementeriannya akan mengoordinasikan sekitar enam hingga tujuh kemente.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM