Terbaru..! Ini Kondisi 6 Pasien Positif Terjangkit Virus Corona


Senin, 09 Maret 2020 - 13:14:57 WIB
Terbaru..! Ini Kondisi 6 Pasien Positif Terjangkit Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Indonesia untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan perkembangan enam pasien yang positif terjangkit SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Keenam pasien itu tersebar di RSPI Sulianti Saroso (lima pasien) dan RSUP Persahabatan (satu pasien).

Untuk pasien 1 & 2, Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, menuturkan tidak ada keluhan dari sisi klinis. Dokter yang bertanggung jawab menyampaikan sekarang kedua pasien justru terbebani dari sisi psikologi.

"Ada beban psikologis akibat identitasnya yang sudah terpublikasi. Ini menjadi pukulan berat bagi mereka berdua," ujar Yuri di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3/2020).

"Hasil pemeriksaan yang meraka dapatkan kemarjn, sudah masuk hari ke-7, masih positif juga. Oleh karena itu, kita belum menyatakan melepas perawatan meskipun secara klinis tidak ada apa-apa," lanjutnya.

Untuk pasien 3 & 4, kondisi fisik sudah bagus. Namun ada permintaan khusus berupa garansi agar pemerintah tidak mengumumkan nama mereka.

"Karena mereka takut terjadi seperti yang 1-2. Oleh karena itu, ada komunikasi mereka tidak kami larang menggunakan smart phone, mereka tidak isolasi sosial tapi fisiknya," kata Yuri.

Untuk pasien kelima, lanjut dia, kondisi fisik pun bagus. Namun, ada sedikit kebosanan karena hanya berada di dalam kamar isolasi.

"Pasien 06 bagus. Ini imported case. Jadi ini bukan infeksi atau penularan lokal," ujar Yuri mengacu kepada pasien yang juga ABK kapal pesiar Diamond Princess tersebut.(*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]