Wah..! Harga Emas Bisa Tembus Rp 1 Juta per Gram?


Senin, 09 Maret 2020 - 14:09:32 WIB
Wah..! Harga Emas Bisa Tembus Rp 1 Juta per Gram? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga emas terus merangkak naik sejak kabar penyebaran virus corona di dunia. Hari ini saja, harga emas Antam tembus Rp 851.000 per gram. Begitu pula dengan harga emas dunia di pembukaan perdagangan hari ini mencapai US$ 1.700/ troy ounce.

Menurut analis emas sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, tren ini akan terus berlangsung karena ketidakpastian global yang tak kunjung usai. Ketidakpastian itu berasal dari penyebaran virus corona yang sudah merambah ke lebih dari 80 negara.

"Ini kemungkinan besar akan terjadi sampai benar-benar virus corona ini sudah bisa terselesaikan secara global. Nah kita tahu bahwa ada yang mengatakan, virus corona ini kemungkinan besar hingga semester pertama. Ada yang mengatakan bahwa virus corona ini kemungkinan di kuartal ketiga baru bisa terselesaikan. Artinya bahwa virus corona ini begitu luar biasa," kata Ibrahim kepada detikcom, Senin (9/3/2020).

Bahkan, Ibrahim memprediksi harga emas batangan Antam itu bisa tembus Rp 1 juta/gram. Menurutnya, potensi kenaikan itu sangat besar melihat harga emas dunia juga terus merangkak naik.

"Wajar di kuartal I-2020 emas itu menyentuh US$ 1.700 per troy ounce secara internasional. Lalu nantinya sampai US$ 1.800, sampai US$ 1.900 ini sangat wajar sekali. Sehingga apa? Wajar kalau seandainya harga emas Antam, logam mulia itu mencapai Rp 1 juta/gram," imbuh dia.

Selain itu ia membeberkan, di fenomena ini para investor mulai menghindari pasar modal dan juga pasar obligasi. Investasi teraman di tengah ketidakpastian global ini salah satunya emas.

"Jadi jangan heran seandainya bursa global ini mengalami penurunan. Obligasi mengalami penurunan. Sehingga apa? Yang terjadi pelaku pasar ini kembali ke safe haven. Maka dari itu harga emas internasional menyentuh level US$ 1.700-an per troy ounce," ujar Ibrahim.

Selain itu, pelemahan nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga jadi penyebab mengapa harga emas terus merangkak naik.

"Karena rupiahnya pun terus mengalami pelemahan, sekarang saja sudah Rp 14.350. Itu juga menjadi beban bagi harga emas, sehingga harga emas kembali mengalami kenaikan," pungkasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:18:02 WIB

    Wah..! KBRI Islamabad 'Jual' Kelapa Sawit di Pakistan

    Wah..! KBRI Islamabad 'Jual' Kelapa Sawit di Pakistan PAKISTAN, HARIANHALUAN.COM -- Indonesia selenggarakan seminar "Health, Nutritional Benefits & Potential Profitability of Palm Oil" di Karachi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai keunggulan dan potensi-potensi.
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 23:13:58 WIB

    Wah..! Masih Layani Penerbangan Denpasar-Wuhan, Ini Penjelasan Lion Air

    Wah..! Masih Layani Penerbangan Denpasar-Wuhan, Ini Penjelasan Lion Air JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lion Air menjelaskan perihal masih adanya layanan penerbangan dari Denpasar ke Wuhan, China yang beroperasi menyusul adanya larangan terbang dari dan ke wilayah tersebut akibat virus corona. Lion A.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 19:21:36 WIB

    Wah..! Beli BBM Subsidi Bisa Dapat Cashback 30 Liter, Ini Syaratnya

    Wah..! Beli BBM Subsidi Bisa Dapat Cashback 30 Liter, Ini Syaratnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pertamina mengadakan program cashback untuk pelanggan yang membeli BBM bersubsidi secara nontunai (Cashless) lewat aplikasi MyPertamina di Jabodetabek. Pertamina memberikan cashback sebanyak 30 lit.
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 16:34:39 WIB

    Wah..! Dirut Garuda Dipecat, Pengusaha Hotel Gembira

    Wah..! Dirut Garuda Dipecat, Pengusaha Hotel Gembira JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyambut gembira pemberhentian I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk akibat skandal penyel.
  • Senin, 18 November 2019 - 19:22:00 WIB

    Wah..! Semua Deputi dan Sesmen Kementerian BUMN Dicopot

    Wah..! Semua Deputi dan Sesmen Kementerian BUMN Dicopot JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Semua deputi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah diberhentikan. Selain deputi, sekretaris menteri juga diberhentikan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM