Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Dukung Program Pemko Pariaman


Senin, 09 Maret 2020 - 15:31:52 WIB
Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Dukung Program Pemko Pariaman Dasril

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jumpa langsung sekaligus audiensi Walikota Pariaman Genius Umar, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Dasril dengan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Aryo Hanggono, membawa angin segar untuk pembangunan kawasan pesisir daerah ini.

Selain memberi dukungan, dirjen akan menganggarkan dana tahun 2021 untuk sejumlah pembangunan yang diusulkan dan Pemko Pariaman, yang juga diminta membuat perencanaan terstruktur berkelanjutan tiga tahun ke depan.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

"Audensi tentang sumber daya kelautan dan pengembangan wisata bahari di Kota Pariaman di hadapan dirjen dan para direktur lingkup pengelolaan ruang laut, pada Rabu (4/3) disambut positif dan mendapat dukungan dirjen. Bahkan disarankan pula untuk membuat perencanaan terstruktur berkelanjutan tiga tahun ke depan," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Dasril, yang dihubungi harianhaluan.com, Senin (9/3).

Kata dia, ada sejumlah usungan proposal yang telah disampaikan kepada dirjen, termasuk peningkatan sarpras di Pulau Angso Duo, membuat kolam renang terapung, rahabilitasi terumbu karang dan memperkuat serbuk pantai, yaitu menanam tanaman yang bisa mengantisipasi abrasi pantai.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

"Kehadiran dermaga apung di Pulau Ujung didukung dirjen, bahkan pada tahun 2021 atau tahun depan akan dianggarkan oleh dirjen," sebut Dasril.

Selain itu, katanya lagi, akan mengembangkan Dewi Bahari atau Desa Wisata Bahari di Kota Pariaman dan pemko diminta dirjen untuk mengidentifikasi desa pantai yang bisa dikembangkan untuk desa bahari. Tujuanya, memperbaiki infrastruktur desa tersebut dan peningkatan ekonomi masyarakat.(*)

Reporter : Trisnaldi | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]